Peduli Sampah di TN Komodo, Masyarakat Kumpulkan 209 Karung Sampah

Rabu, 21 Maret 2018

Labuan Bajo, 22 Maret 2018. Masih dalam semangat 3 bulan bebas sampah, Masyarakat Peduli Sampah TN Komodo mengumpulkan setidaknya 209 karung sampah dari beberapa titik di dalam kawasan TN Komodo.

Berat rata-rata sampah per karung adalah 10 kg, sehingga total sampah yang terkumpul mencapai 2 ton. Sampah tersebut dikirimkan ke KSU Sampah Komodo di Labuan Bajo untuk diproses selanjutnya. 

Lokasi target pelayanan MPS Desa Pasir Panjang yaitu Kampung Rinca, Kampung Kerora, Loh Buaya, Pulau Kambing, Pulau Pempe dan wilayah pantai terdekat dengan lokasi keberadaan MPS. 

Sedangkan lokasi kegiatan MPS Desa Komodo antara lain Kampung Komodo, Loh Liang, Pantai Merah, dan Gili Lawa Darat. 

Kelompok MPS Papagarang bertanggung jawab terhadap wilayah Padar Selatan, Kampung Papagarang dan pulau lain yang terdekat. 

Dalam kegiatan dua bulan terakhir ini, hal-hal yang dapat dipelajari oleh MPS Kesadaran masyarakat dan pengunjung sangat rendah terhadap kebersihan kawasan TN Komodo. Masyarakat tiga desa dalam kawasan masih membuang sampah di laut. Sedangkan pengunjung terutama kapal-kapal wisata tidak membawa pulang sampah yang dihasilkan selama beraktivitas di dalam kawasan tetapi menumpuk sampah tersebut di pantai tempat aktivitas wisata dilakukan. 

Oleh karena itu, anggota MPS TN Komodo sangat mengharapkan partisipasi masyarakat dan pengunjung untuk peduli sampah. Karena kawasan TN Komodo adalah rumah dan ladang kehidupan bagi semua banyak orang. 

Sumber: Balai TN Komodo

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini