Universitas Jepang Minati Pengelolaan Kolaboratif di Taman Nasional Kayan Mentarang

Selasa, 20 Maret 2018

Malinau, 19 Maret 2018. Tim peneliti dari Waseda University Tokyo, Osaka University dan Toyo University Jepang serta Universitas Mulawarman melakukan pertemuan dengan Dewan Pembina Pengendali Pengelolaan Kolaboratif (DP3K) Taman Nasional Kayan Mentarang dan Pemerintah Kabupaten Malinau. Pertemuan yang di pimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau, Drs. Hendris Damus, M. Si diruang kerjanya kemarin (19/3), membahas pengelolaan kolaboratif Taman Nasional Kayan Mentarang yang merupakan bagian dari Heart of Borneo dalam kerangka Academic Agreement.

Dalam pertemuan tersebut, Makoto Inoue, Profesor Sosiologi Lingkungan dari Waseda University Tokyo memaparkan desain kelembagaan untuk konservasi keanekaragaman hayati di Indonesia pada wilayah Heart of Borneo dengan menghubungkan realitas lokal dan isu global. Tujuan spesifiknya ialah menunjukkan pilihan rencana untuk pelembagaan pada model penghidupan dengan tiga manfaat yakni Pembangunan Lokal yang berkelanjutan sesuai dengan Realitas Penghidupan Lokal, Konservasi Keanekaragaman Hayati, dan Mitigasi perubahan iklim.

Hal ini juga sebagai bentuk kontribusi dalam mempromosikan kesepakatan internasional yang ditandatangani oleh pemerintah Brunei, Indonesia, Malaysia di Bali pada tanggal 12 Februari 2007 untuk melakukan konservasi jantung Kalimantan (Heart of Borneo Initiative).

Sebagai tindak lanjut hasil pertemuan dengan DP3K dan Pemerintah Kabupaten Malinau, Rombongan tim peneliti yang dipimpin oleh Ketua ULS Perhutanan Sosial (Center for Social Forestry). Universitas Mulawarman Dr. Ndan Imang melanjutkan diskusi di kantor Balai Taman Nasional Kayan Mentarang membicarakan hal-hal teknis terkait survei yang telah dilaksanakan pada beberapa desa di Kecamatan Pujungan dan Bahau Hulu Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara dan lokasi survei yang akan dilaksanakan berikutnya. Agenda tim peneliti selanjutnya akan melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal KSDAE Kementerian LHK pada tanggal 23 Maret 2018 di Jakarta difasilitasi oleh LIPI.

Sumber : Tim Media Balai TN Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini