Balai TN Kayan Mentarang Siap Matangkan Implementasi Heart of Borneo

Sabtu, 17 Maret 2018

Tarakan, 17 Maret 2018. Heart of Borneo (HoB) merupakan salah satu konsistensi perhatian pemerintah dalam menjaga hutan beserta sumber daya hayati yang terdapat didalamnya. Taman Nasional Kayan Mentarang merupakan kawasan konservasi terluas yang termasuk dalam area Heart of Borneo, sehingga menjadi komponen penting dalam pengelolaan HoB oleh Kelompok Kerja (Pokja) HoB Kalimantan Utara.

Ketua Pokja Nasional HoB Dr. Prabianto Mukti Wibowo pada pertemuan Rapat Kerja Pokja HoB Kalimantan Utara 2018 yang berlangsung di Hotel Tarakan Plaza Kota Tarakan (15-16/03), telah menyampaikan 5 poin penting yang berkaitan dengan program, capaian dan rencana kegiatan pihaknya dalam pengelolaan HoB pada tahun 2018 ini. Diantaranya ialah HoB Koridor yang menitiberatkan pada Konektivitas Kawasan Konservasi dan Non Konservasi, memperkuat Jaringan Komunikasi dengan masyarakat adat setempat, dan Green Ecotourism serta Destinasi HoB dengan Roadmap Launching HoB Visit Year 2018 yang memerlukan dukungan para pihak.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Balai Taman Nasional Kayan Mentarang Johnny Lagawurin memaparkan peran serta Balai Taman Nasional Kayan Mentarang sebagai dukungan dan implementasi dalam pengelolaan HoB di Kalimantan Utara. Utamanya ialah capaian kinerja yang telah dilaksanakan dan rencana kerja pada tahun 2018 dengan berbasis pengelolaan kawasan konservasi secara kolaboratif. dalam hal ini, Johnny Lagawurin juga menyampaikan penguatan tata kelola TNKM sebagai bagian penting dalam HoB dengan memanfaatkan tingginya aktivitas korporasi di Kalimantan Utara.

“Umumnya kita dukung penuh apapun upaya dalam pengelolaan HoB ini. Keseriusan dan komitmen kita, kita implementasikan agar HoB itu betul-betul membawa nilai positif, baik dari segi pariwisata hingga menyangkut kesejahteraan masyarakat, kami siap bekerjasama, dan kita semua harus siap bekerjasama.” tambah Johnny.

Dalam pertemuan itu pula digagas pembentukan Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kalimantan Utara yang salah satu tujuannya untuk merumuskan strategi tingkat provinsi yang terkait dengan pengurangan emisi dan mitigasi perubahan iklim.

Sumber : Balai TN Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini