TN Tambora Gelar Konsultasi Publik Kembangkan Wisata

Senin, 19 Maret 2018

Jumat (16/3) Balai TNT menggelar konsultasi publik rencana pembangunan sarana dan prasarana pengembangan wisata. Kegiatan konsultasi publik ini berlangsung secara serentak di empat lokasi di lingkar Tambora, yaitu di kecamatan Kempo, Pekat, Tambora dan Sanggar. Konsultasi publik ini dihadiri oleh sejumlah stakeholder yang bersentuhan langsung dengan agenda taman nasional Tambora. Tak kurang dari 30 orang peserta yang hadir di masing-masing lokasi.

Acara konsultasi publik secara resmi dibuka oleh pejabat masing-masing kecamatan. Selanjutnya ada sambutan dari Camat yang secara umum mengajak seluruh stakeholder untuk bekerjasama mengembangkan pariwisata di Taman Nasional Tambora dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya pemaparan materi dan rencana pembangunan dari pihak Taman Nasional. Pengembangan sarana dan prasarana akan dilakukan di empat jalur pendakian, yaitu Jalur Doro Ncanga, Pancasila, Kawinda Toi dan Piong. Selain itu, untuk menyambut para pendaki yang berhasil mencapai puncak, akan dilakukan penataan tepi kaldera juga. Sementara itu, untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan para wisatawan, dilakukan pula pembenahan di sekitar sungai dan air terjun Oi Marai.

Sarana dan prasarana yang akan dikembangkan di jalur pendakian diantaranya gerbang masuk, shelter, pusat informasi, jaringan air bersih, bak sampah, papan peringatan dan informasi, pusat atraksi, embung, mushala, selfi point, area parkir, halte, jalur trabas, Menara pandang, camping ground, pondok pendaki dan kuda.

Khusus kuda, tahun ini akan dicoba diadakan di jalur pendakian Piong yang merupakan salah satu Kawasan savana Tambora selain Doro Ncanga. Mimpi kedepannya, TNT bisa menawarkan berbagai opsi pendakian, mulai dari yang jalan kaki, kendaraan roda dua, kendaraan roda empat dan berkuda.

Setelah pemaparan materi, dibuka sesi diskusi yang berjalan cukup alot. Sejumlah peserta memberikan saran dan pertanyaan tentang sarana dan prasaran wisata yang akan dibangun. Masukan yang disampaikan di antaranya pembangunan sarana prasarana hendaknya lebih banyak melibatkan masyarakat setempat.

Pada akhir acara peserta kemudian bersepakat dengan menanda tangani dukungan terhadap rencana pengembangan sarana dan prasaran pariwisata Taman Nasional Tambora.

 

The sound from caldera

Sumber : Taman Nasional Tambora

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini