Pelepasan Burung Merpati di Hari Bakti Rimbawan Papua

Senin, 19 Maret 2018

Jayapura, 19 Maret 2018. Upacara dalam rangka Hari Bakti Rimbawan ke - 35 tahun 2018 digelar di Lapangan UPT KLHK Prov. Papua, yang iikuti oleh seluruh pegawai Lingkup UPT KLHK Prov. Papua, Dinas Kehutanan Prov. Papua, Badan Lingkungan Hidup Prov. Papua, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Papua, Penegakan Hukum KLHK Wilayah Maluku Papua, KPHP Wilayah Papua, Usaid Lestari Wilayah Papua, Saka Wana Bhakti, Masyarakat Kampung, Karateka Dojo KKI dan para undangan lainnya.

Bertindak selaku pembina upacara adalah Asisten II Perekonomian Rakyat Setda Prov. Papua, Drs. Elia Loupatty, MM. Dengan mengusung tema Hari Bhakti Rimbawan Tahun 2018 yaitu ‘Melalui Bhakti Rimbawan, Kita Tingkatkan Pengelolaan Lingkungan Hidup untuk Kesejahteraan Rakyat” diharapkan dapat menyemangati para rimbawan di seluruh Indonesia untuk terus berkiprah dalam bakti kepada negara dan bangsa melalui pelaksanaan tugas-tugasnya di berbagai tatanan kerja. Peringatan Hari Bhakti Rimbawan kali ini, dirangkai juga dengan peringatan Hari Kehutanan Sedunia (20 Maret 2018), Hari Hutan Internasional (21 Maret 2018) dan Hari Air Sedunia (22 Maret 2018) yang juga merupakan rangkaian acara Festival Cycloop yang puncaknya pada tanggal 18 November 2018.

Pada kesempatan ini diberikan piagam penghargaan kepada para pejuang Konservasi dan Sumber Daya Alam, bantuan kepada masyarakat dan resort yang berada di sekitar CA. Peg. Cycloop dan TWA. Teluk Youtefa dan Penyerahan Satwa liar dilindungi secara simbolis kepada Kepala Kampung Tablasupa, diantaranya, Nuri Bayan (Eclectus roratus), Kakatua Jambul Kuning (Cacatua galerita), Beo Papua (Mino dumontii) dilanjutkan dengan pelepasan satwa yang tidak dilindungi Ular Sanca Permata (Morelia amethistina), Manyar (Ploceous manyar), Merpati Karang (Columba livia) sebagai simbol “Kehidupan Bebas di Alam” yang dilakukan oleh Pembina Upacara, serta diadakan Pameran Kehutanan yang bertempat di Aula BBKSDA Papua.

Diserahkan pula 17 medali dan uang pembinaan kepada Karateka DOJO KKI Rimbawan Papua yang telah meraih peringkat V pada pertandingan Uncen Open VI dan pemberian hadiah bagi pemenang lomba peringatan HBR 2018

Lepas Upacara dilakukan Pemotongan Tumpeng oleh Asisten II Perekonomian Rakyat Setda Prov. Papua, Drs. Elia Loupatty, MM yang diserahkan kepada Kepala Kampung Tablasupa dan selanjutnya kepada para pejuang konservasi SDA.

Sumber : Diah Warastuti - PEH Balai Besar KSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini