Save Biodiversity, Komitmen Bersama Balai KSDA Kalbar Dengan Mitra

Jumat, 16 Maret 2018

Pontianak, 15 Maret 2018. Balai KSDA Kalimantan Barat (BKSDA Kalbar) dengan PT. Bumitama Gunajaya Agro Group (BGA) lakukan penandatanganan komitmen bersama yang dituangkan dalam Addendum Perjanjian Kerjasama Kemitraan tentang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati di Areal Kerja PT. BGA di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.

Penandatanganan addendum kerjasama, sekaligus penandatanganan rencana pelaksanaan program 5 tahun kedepan dan rencana kerja tahun 2018 untuk melaksanakan kegiatan Pengelolaan dan Pemantauan Keanekaragaman Hayati pada Areal Bernilai Konservasi Tinggi di PT. BGA.

Ruang lingkup kerjasama meliputi Areal kerja PT. BGA di Kabupaten Ketapang dan wilayah kerja Balai KSDA Kalimantan Barat di Kabupaten Ketapang. Sedangkan ruang lingkup substansi yakni pengelolaan dan pemantauan keanekaragaman hayati pada areal bernilai konservasi tinggi; edukasi dan penyadartahuan masyarakat tentang konservasi; pemberdayaan masyarakat; peningkatan kapasitas sumber daya manusia serta monitoring dan evaluasi.

Dalam hal kerjasama kemitraan dengan Balai KSDA Kalimantan Barat didasari pada beberapa hal salah satu diantaranya ada perusahaan yang berbatasan langsung dengan kawasan konservasi yakni Cagar Alam Muara Kendawangan khususnya PT. Agro Sejahtera Manunggal.

"Kegiatan yang ada dalam kerjasama merupakan sebuah tantangan yang harus dapat direalisasikan kedepannya, apabila memungkinkan akan didorong untuk menjadi koridor satwa khususnya orangutan, apabila hal ini bisa diwujudkan merupakan nilai positif/nilai tambah dalam manajemen usaha sekaligus manajemen lingkungan” tegas Kepala Balai KSDA Kalbar. Beliau menambahkan pengelolaan HCV tersebut harus dapat mengedepankan prinsip dasar konservasi yakni 3 pilar konservasi, Perlindungan, Pengawetan dan Pemanfaatan. Pelibatan masyarakat dalam pengelolaan kawasan HCV/kawasan bernilai konservasi tinggi menjadi salah satu prioritas dalam perencanaan program yang akan dilakukan.

Harapan yang ingin dicapai dalam kerjasama ini adalah bersama-sama melakukan upaya konservasi khususnya di Kabupaten Ketapang dan sekitarnya. (YS)

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini