Rimbawan Sumba Gelar Hari Bakti Rimbawan 2018 di SPTN II Lewa

Jumat, 16 Maret 2018

Waingapu, 16 Maret 2018. Bertempat di wilayah Kerja Seksi Pengelolaan Taman Nasional II Lewa, dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan (HBR) yang ke 35 (tiga puluh lima) tahun sebagai tonggak berdirinya Institusi Kehutanan di Republik Indonesia, kembali Balai TN Matalawa menggelar aksi nyata dengan melakukanan penanam 1000 bibit tanaman kehutanan di dalam maupun di luar kawasan Taman Nasional. Rangkaian gelar aksi yang di lakukan oleh TN Matalawa diawali dengan menggelar Apel Bakti Rimbawan, Maman Surahman S.Hut.,M.Si selaku Kepala Balai TN Matalawa langsung memimpin apel yang diikuti oleh seluruh pegawai Taman Nasional, para kepala desa sekitar kawasan, Polsek Lewa, Koramil Lewa, mitra kerja TN Matalawa (KPH, Burung Indonesia, dan Forum Jamatada).

Dalam kesempatannya beliau memberikan motivasi agar dapat terus meningkatkan jiwa korsa rimbawan dan dapat berperan nyata dalam membangun kehutanan demi kesejahteraan rakyat, mendorong upaya pengembangan di sektor kehutanan berbasis hasil bukan kayu, agroforestry, ekowisata dan jasa lingkungan. Balai TN Matalawa telah melaksanakan kerja nyata dengan memberikan bantuan peningkatan ekonomi kepada masyarakat sekitar kawasan setiap tahunnya dan untuk tahun ini ditambah dengan pembangunan kios yang akan menjual hasil kerajinan masyarakat sekitar kawasan.

Selain itu, terdapat juga rangkaian acara lainnya seperti perlombaan, pentas tari tradisional, bersih sampah, pembagian bahan promosi, serta kunjungan ke sekolah-sekolah baik SD,SMP maupun ke SMA. Upaya pendekatan ke sekolah-sekolah ini dalam rangka menumbuhkan pemahaman dan kesadaran kepada para generasi penerus akan pentingnya melestarikan hutan dan lingkungan di Pulau Sumba. Rangkaian kegiatan HBR ditutup dengan melakukan penanaman bersama dengan masyarakat, aparat dan para kelompok pemerhati lingkungan dalam hal ini KMPH dan Forum Jamatada.

Sumber: Balai TN Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti ( BTN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini