Dialog Spesial Balai TN Kutai Bertepatan Hari Bakti Rimbawan 2018

Jumat, 16 Maret 2018

Bontang, 16 Maret 2018. Kurang tiga hari menuju peresmian Bontang Mangrove Park (BMP), Balai TN Kutai menyelenggarakan talk show dengan tema “Mengupas Tuntas BMP”. Hadir sebagai narasumber Kepala Balai TN Kutai Bapak Nur Patria Kurniawan, S.Hut., M.Sc. dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KSBTU) sekaligus sebagai ketua penyelenggara peresmian BMP, Bapak Siswadi, S.Hut., M.Ec.Dev., MA. Acara disiarkan secara langsung bertepatan Hari Bakti Rimbawan 2018 (16 Maret 2018) pukul 19.30 – 20.30 WITA di LNG TV melalui program “Dialog Spesial”.

“Taman Nasional Kutai terbagi dalam tiga wilayah yaitu Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Wilayah Taman Nasional Kutai yang paling kecil memang berada di Kota Bontang tetapi walaupun yang terkecil jika itu memiliki nilai yang “menggigit”, mengapa tidak untuk dikembangkan” ujar Nur Patria. Beliau juga mengatakan pembangunan BMP hingga saat ini masih kira-kira 30 % dari rencana desain yang telah dibuat. Pengembangan BMP merupakan hasil kerja bersama antara Balai Taman Nasional Kutai, mitra-mitra TN Kutai dan masyarakat. Kerja bersama yang telah dilakukan menjadikan TN Kutai menjadi kuat, dan gol yang diharapkan dengan adanya BMP adalah masyarakat mendapatkan manfaat dari taman nasional.

“BMP sebagai kawasan pelestarian alam selain berfungsi untuk konservasi juga memberikan fungsi edukasi. Di BMP para pengunjung dapat belajar tentang mangrove karena sepanjang board walk telah dipasang papan informasi yang berisi penjelasan mengenai jenis-jenis mangrove yang ada di BMP” jelas Siswadi menjawab perbedaan BMP dengan tempat wisata mangrove lainnya di Bontang. Beliau juga melihat bahwa belum ada objek wisata yang menawarkan edukasi tentang mangrove kepada pengunjung. Selain papan informasi yang telah dipasang, Pengendali Ekosistem Hutan Balai TN Kutai juga siap memandu pengunjung yang ingin belajar tentang mangrove khususnya kepada rombongan pelajar yang berkunjung ke BMP.

?Terakhir KSBTU TN Kutai mengharapkan BMP dapat memberikan manfaat yang optimal dan berkelanjutan. Lain halnya dengan Kepala Balai TN Kutai, Beliau berharap Taman Nasional Kutai dapat memberi manfaat untuk masyarakat serta BMP dapat megangkat destinasi wisata Kota Bontang, Kalimantan Timur maupun destinasi wisata Indonesia.

Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini