Peringatan HBR di Bontang Mangrove Park TN Kutai

Jumat, 16 Maret 2018

Bontang, 16 Maret 2018. Tanggal 16 Maret menjadi hari yang spesial bagi rimbawan di seluruh Indonesia, tanggal tersebut telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai Peringatan Hari Bakti Rimbawan. Memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-35 yang jatuh pada hari Jum'at, Balai Taman Nasional Kutai (Balai TN Kutai) selaku Unit Pelaksana Teknis Kementerian LHK melakukan aksi penanaman pohon dan aksi bersih sampah bersama masyarakat yang difokuskan pada destinasi wisata alam baru TN Kutai yaitu Bontang Mangrove Park (BMP) Salebba.

Kegiatan ini diikuti oleh instansi terkait yaitu Kodim 0908 Bontang, Polsek Bontang Utara, Pramuka Saka Wanabakti, Kader Konservasi, Kelompok Tani Mangrove dan PT. PLN Persero Rayon Bontang sebagai Mitra Kerjasama. Selain itu kegiatan ini juga melibatkan masyarakat di sekitar kawasan obyek wisata BMP Salebba di dua kelurahan yaitu Kelurahan Bontang Baru dan Kelurahan Bontang Kuala, sesuai dengan tema hari bakti rimbawan tahun ini "Melalui Bakti Rimbawan, Kita Tingkatkan Pengelolaan Lingkungan Hidup Untuk Kesejahteraan Rakyat". Diharapkan dengan keterlibatan masyarakat sekitar akan menumbuhkan rasa kebersamaan dan kepedulian untuk menjaga kelestarian kawasan konservasi, karena secara tidak langsung keberadaan Obyek Wisata BMP akan berdampak pula pada ekonomi masyarakat sekitar.

Acara peringatan hari bakti rimbawan dimulai dengan senam bersama, yang kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon di sekitar gedung pertemuan BMP dan acara bersih sampah mulai dari area parkir, halaman dan menyusuri boardwalk sepanjang 1,3 km serta mangrove di sepanjang boardwalk.

Sepanjang kegiatan ini, sampah yang terkumpul relatif sedikit, yang menggambarkan keberhasilan pihak pengelola dalam mengedukasi pengunjung sebelum memasuki areal BMP. Karena Obyek Wisata ini bukan semata - mata mengejar profit atau keuntungan, tetapi menekankan pada 3 hal penting dalam pengelolaan wisata khas Rimbawan yaitu konservasi,edukasi dan adventure. Bahkan Bapak Nur Patria Kurniawan selaku Kepala Balai TN Kutai berkeinginan menambah 1 hal lagi yang tidak kalah penting yaitu fungsi medikasi yaitu pemeriksaan medikal sebelum memasuki kawasan yang nantinya akan bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit. Filosofinya sederhana yaitu jika seseorang berkunjung ke kawasan konservasi yang hutannya masih bagus pasti akan menyehatkan. Hal ini lah yang akan dibuktikan ke depannya.

Apapun itu semoga kehadiran BMP sebagai suatu obyek wisata baru dapat menambah khasanah destinasi lokasi wisata dan mempunyai nilai manfaat / maslahat bagi lingkungan dan masyarakat disekitarnya. #TN KUTAI

Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini