Rimbawan Way Kambas melakukan Aksi Bersih Sampah dan Tanam Pohon  

Jumat, 16 Maret 2018

 

Labuhan Ratu 15 Maret 2018. Menyambut Hari Bhakti Rimbawan ke-35 tahun 2018, seluruh Rimbawan Taman Nasional Way Kambas melakukan aksi Bersih Sampah dan Tanam Pohon. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas dan diikuti oleh seluruh pegawai Taman Nasional Way Kambas dan juga para Mitra (WCS, YABI, PKHS, KHS, AlerT) serta komunitas sepeda Elephant Gowes masyarakat desa penyangga TNWK.

Aksi Bersih Sampah ini dilakukan di sepanjang jalan dari Pintu Gerbang Plang Hijau sampai Pusat Latihan Gajah Way Kambas sepanjang 9 km dan kolam mandi gajah Pusat Latihan Gajah.

Sampah plastik yang terkumpul dari aksi bersih mencapai 35 kantong dan langsung diangkut ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Sementara di kolam mandi gajah selain membersihkan sampah anorganik, para Rimbawan juga membersihkan tanaman gulma air yang menutupi kolam seperti Teratai dan Kiambang. Leo, salah satu gajah PLG Way Kambas, dengan semangat turut serta membantu para Mahout (pawang gajah) membersihkan kolam. Tenaganya yang cukup besar dan kuat mampu mengalahkan para Rimbawan untuk menarik dan mengumpulkan tanaman gulma yang menutupi kolam mandinya, bahkan setelah para Rimbawan kelelahan dan kedinginan karena berendam di air, Leo menjadi andalan untuk terus berjuang menarik tanaman gulma tersebut dengan semangat. Mungkin juga dia tahu bahwa ini demi kebersihan kolam mandinya.

Selain melakukan aksi Bersih Sampah, para Rimbawan juga melakukan Aksi Tanam Pohon. Penanaman Pohon juga dipusatkan di Pusat Latihan Gajah Way Kambas. Tanaman yang ditanam terdiri dari jenis Pulai, Cempaka, Bungur dan Salam dengan jumlah 800 bibit yang semuanya merupakan tanaman endemik Taman Nasional Way Kambas.

Dalam kesempatan ini Kepala Balai TNWK, Subakir, SH. MH. menyampaikan pesan agar tanaman ini dirawat dan dijaga oleh kita semua demi hijaunya kawasan Taman Nasional Way Kambas, khususnya lokasi Pusat Latihan Gajah.

 

Sumber : Humas BTN Way Kambas

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini