Bukti Bakti Rimbawan Kalimantan Barat 25 Pohon Seumur Hidup  

Kamis, 15 Maret 2018

 

Pontianak, 15/03/2018, Rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-35 dilaksanakan selama 4 hari dari tgl 13 - 16 Maret 2018 di Pontianak. Acara ini diikuti oleh 5 UPT KLHK lingkup Kalimantan Barat (BKSDA, BBTNBBBR, BPKH, BPDASHL Kapuas dan BPHP) Seksi PHLHK Wil. Kalimantan dan perwakilan daops2 Balai PPI Wil. Kalimantan.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan adalah Pameran Bakti untuk Kalbar yang bertujuan menyampaikan ke masyarakat umum apa saja yg telah kita lakukan utk Kalbar sesuai TuSi masing-masing,  perlombaan (tenis meja, gaple, masak, karaoke, dll), penanaman pohon dan diakhiri dengan upacara pada hari Jumat (16/3/18).

Acara penanaman dilakukan di wilayah Kampus Akbid Muhammadiyah Pontianak. Dibuka langsung oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Akademi Kebidanan (AKBID) Muhammadiyah Pontianak sebagai tuan rumah dan penyerahan bibit secara simbolis oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat kepada Kepala AKBID Muhammadiyah Pontianak.

Dalam sambutannya Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam acara penanaman, dan beliau  berharap kegiatan menanam pohon tidak hanya dilakukan oleh para rimbawan saja, tetapi mestinya dilakukan pula oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Sosok yang akrab dipanggil dengan Tata tersebut menjelaskan bahwa “kegiatan menanam pohon merupakan bentuk Amal Jariyah (dalam agama islam)” dimana pohon yang ditanam akan bermanfaat bagi orang lain, misalnya orang datang ke sana untuk berteduh, atau ketika berbuah, buahnya dapat dimakan. Selain bagi manusia, pohon yang ditanam juga dapat dimanfaatkan oleh mahluk hidup lainnya. Akhir kata, beliau mengajak seluruh hadirin dengan seruan “melalui kegiatan ini mari kita sukseskan gerakan menanam 25 pohon per-orang selama hidup”

Pihak akademi kebidanan Muhammadiyah Pontianak menyambut baik acara penanaman pohon yang diselenggarakan oleh UPT KLHK di Pontianak ini, dan berdasarkan informasi Kepala AKBID, kegiatan penanaman pohon di lahan mereka bukanlah yang pertama kalinya dilakukan. Jenis-jenis yang ditanam antara lain adalah jenis ulin/belian (Eusideroxylon zwageri), nyatoh (Palaquium xanthochymum), pulai (Alstonia scholaris), kemiri (Aleurites moluccanus), dan tanjung (Mimusops elengi L.).

Hari bakti rimbawan merupakan salah satu wujud komitmen dan kesadaran para rimbawan dalam berkarya dan membangun hutan dan kehutanan Indonesia. 

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini