Tim Monitoring Balai TN Kayan Mentarang Temukan Rafflesia pricei Mekar

Rabu, 14 Maret 2018

Tang Paye - Nunukan, 14 Maret 2018. Rafflesia pricei merupakan salah satu spesies langka di Kawasan Taman Nasional Kayan Mentarang dengan karakter khusus dari habitat tumbuh serta keunikan fenotipnya. Rafflesia Spesies ini Terdapat di wilayah Tang Paye Resort Long Layu SPTN Wilayah I Long Bawan (Nunukan). Kegiatan monitoring terhadap spesies ini menjadi salah satu perhatian serius yang digalakkan oleh Balai TN. Kayan Mentarang dalam rangka pemantauan dan peningkatan populasi keanekaragaman hayati.

Dimulai sejak tahun 2017, Balai TN Kayan Mentarang telah melakukan obeservasi terhadap Raflesia pricei dengan survey pendahuluan untuk mengetahui lokasi penyebarannya. Dan pada tahun 2018 ini Balai TN Kayan Mentarang kembali melakukan kegiatan monitoring secara berkala dalam rangka pengumpulan data hingga perlindungan terhadap eksistensi Raflesia Pricei.

Dalam beberapa kali perjumpaan melalui kegiatan monitoring pada tahun sebelumnya, Untuk menemukan Rafflesia pricei pada fase mekar cukup sulit, banyak knop yang ditemukan membusuk sebelum mekar. Faktor lingkungan dan gangguan dari satwa cukup berpengaruh dalam perkembangan bunga ini apalagi Pada kondisi musim hujan, air yang masuk ke dalam bunga yang mulai mekar juga dapat menyebabkan kebusukan sehingga menyebabkan gagal mekar.

“Kita akan terus berupaya melakukan kegiatan monitoring serta pemasangan papan informasi di plot penyebaran Raflesia Pricei yang sudah kita petakan, serta tidak menutup kemungkinan kedepan akan menjadi salah satu destinasi wisata dan penelitian di kawasan TN Kayan Mentarang" ujar Kepala Balai TN Kayan Mentarang Ir. Johnny Lagawurin melalui Suwarto selaku Ka SPTN wil. I Long Bawan

Dari plot yang telah dipetakan pada tahun 2017, tercatat sebagian besar Raflesia Pricei yang ditemukan dalam kondisi knop membusuk dan mati. Tak hanya sampai disitu, tim juga melakukan upaya pengumpulan keterangan dari masyarakat sekitar kawasan. Upaya ini membuahkan hasil, masih di wilayah Tang Paye tersebut Tim menemukan 5 lokasi baru (1 diantaranya berada diluar kawasan) dengan penjumpaan sebanyak 6 inang. Satu diantara 6 inang tersebut terdapat 1 individu Rafflesia dalam kondisi mekar berdiameter 27cm tinggi 14 cm berkelamin jantan.

Di kawasan TN Kayan Mentarang, Rafflesia pricei ini ditemukan pada ketinggian 1.400-1.427 mdpl, dengan kondisi hutan yang sedikit gangguan, tutupan vegetasi 78-90%, suhu 17-19°C, kelembaban kurang lebih 90%, dan pH 6,4-6,5. Inang dari bunga ini adalah Tetrastigma, yang juga hidup secara parasit dengan menjalar pada pohon.

Sumber : Balai Taman Nasional Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini