Kembali Dimulai, Evaluasi Sakip Ditjen KSDAE

Selasa, 13 Maret 2018

Jakarta, 12 Maret 2018.  Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) kembali melaksanakan Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2017 pada Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Ditjen KSDAE). Tim yang secara teknis dikendalikan oleh Wiharjanto dan diketuai oleh Ngarip, seluruhnya berjumlah 13 orang, akan melaksanakan evaluasi selama 14 hari kerja pada tanggal 06 sd 23 Maret 2018.

Evaluasi SAKIP Tingkat Eselon I Kemen LHK secara rutin dilakukan oleh Tim Itjen dengan mengacu pada Peraturan Menteri PAN RB Nomor : 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah serta Peraturan Inspektur Jenderal Kemen LHK Nomor : P.1/Itjen-Sekitjen/2015 tentang Petunjuk Pelaksana Evaluasi SAKIP lingkup Kemen LHK . Evaluasi dilakukan melalui entry meeting, penelaahan dan verifikasi dokumen.  Beberapa dokumen yang ditelaah oleh Tim Itjen yaitu dokumen Rencana Strategis 2015-2019, Reviu Renstra, Rencana Kerja Tahun 2017, Perjanjian Kinerja, Laporan Kinerja (LKj), Laporan Capaian Renja, Rencana Aksi, RKAKL dan revisinya, Rencana Pelaksanaan Kegiatan dan TOR/KAK aTahun 2017 untu setiap kegiatan/output.

Dr. Nandang Prihadi, S.Hut., M.Sc., selaku Kepala Bagian Program Evaluasi Setditjen KSDAE, berkesempatan memimpin entry meeting Tim Itjen yang dihadiri oleh seluruh perwakilan Direktorat Teknis, berharap bahwa Nilai SAKIP Ditjen KSDAE pada Tahun 2017 dapat meningkat dari Nilai SAKIP Ditjen KSDAE Tahun 2016 yaitu 70,26 ( Kategori BB : Sangat Baik).  Hal ini karena pada tahun 2017, Ditjen KSDAE secara terus menerus melakukan upaya-upaya peningkatan akuntabilitas kinerja pada komponen penilaian SAKIP yang meliputi perencanaan, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja. Nandang menghimbau tim evaluator Ditjen KSDAE yang dikoordinir melalui Kepala Subbagian Evaluasi dan Pelaporan Setditjen KSDAE, Desi Indriani, dapat bekerjasama dengan seluruh Direktorat Teknis terkait dalam mendukung proses evaluasi ini sehingga proses evaluasi dan verifikasi dokumen berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan.

Sumber : Desi Indriani, S.P., M.P. (Kepala Subbagian Evaluasi dan Pelaporan Setditjen KSDAE)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini