Visit to School Program Pertama Rangkaian Harbak di TaNa Bentarum

Senin, 12 Maret 2018

Putussibau, 12 Maret 2018. Memulai rangkaian peringatan Hari Bakti Rimbawan (Harbak) 2018, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) mengunjungi beberapa sekolah di Kabupaten Kapuas Hulu (Visit to School) untuk menanamkan rasa cinta lingkungan. Kepala Sub Bagian Data Evlap dan Humas (Sub Bag DEH) TaNa Bentarum, Dian Banjar Agung selaku penanggung jawab acara mengatakan kegiatan ini merupakan upaya pihaknya untuk meningkatkan kepedulian siswa sekolah untuk menjaga kebersihan sebagai bagian dari gerakan cinta lingkungan. “Upaya kami memperkenalkan apa itu Taman Nasional, fungsi dan perannya bagi kehidupan serta memberikan contoh nyata cinta lingkungan dengan menjaga kebersihan utamanya di sekolah” jelas Banjar saat diwawancarai tim Humas.
 
Sebanyak 50 orang siswa dari SDN 2 Putussibau mengikuti kegiatan yang diinisiasi oleh TaNa Bentarum  hari ini Senin (12/3). Tidak dengan materi paparan saja, panitia acara juga menyuguhkan pemutaran film tentang pentingnya menjaga kebersihan dan dampak akibat membuang sampah sembarangan. “Selama ini masyarakat masih banyak yang membuang sampah ke Sungai, penting sekali untuk memberikan pemahaman kepada siswa bahwa dampak membuang sampah itu bisa merugikan kehidupan semisal banjir” tegas Banjar. Terlihat dari pantauan tim Humas yang mengikuti acara, beberapa siswa tampak antusias rangkaian mengikuti acara, bahkan tidak jarang dari mereka yang langsung mengangkat tangannya menjawab pertanyaan dari fasilitator. “Kami ingin mereka tidak pasif dan menjadi pendengar saja makanya kami buat semacam kuis dengan hadiah sehingga kegiatan menjadi lebih aktif” ujar Ponti Astika salah stau fasilitator yang terlibat dalam acara.
 
Rencananya Balai Besar TaNa Bentarum akan menggelar kegiatan Visit to School di beberapa sekolah dasar dan menengah se- Kota Putussibau. Selain pemberian materi dan paparan, siswa juga di ajak untuk mengenali jenis sampah yang dibedakan menurut bahan penyusunnya. ”senang  dan suka acaranya bisa melihat film tentang menjaga kebersihan di sekolah, dapat hadiah juga” seru ujar Fikri, siswa kelas 4 SDN 2 Putussibau yang mengkuti acara. Panitia berusaha memahamkan cinta keberishan dengan suasana yang menyenangkan karenanya ditayangkan juga pemutaran film tentang menjaga kebersihan dan cinta lingkungan. Selain siswa, para guru dan pendidik sekolah juga dilibatkan dalam acara sehingga semua kalangan berbaur dalam kegiatan kali ini.  “Kami senang dan mengapresiasi kegiatan ini karena siswa langsung paham bagaimana menjaga kebersihan, harapannya tidak hanya saat ini saja tapi bisa diteruskan di hari berikutnya” ujar Wiwik Widiyawati Kepala Sekolah SDN 2 Putussibau menjawab pertanyaan tim Humas. Acara ditutup dengan pemberian paket bantuan buku tentang TaNa Bentarum, kalender serta bulletin untuk lebih mengenalkan peran dan tugas TaNa Bentarum.
 
Sumber : Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini