Kerjasama Balai Taman Nasional Matalawa dengan Burung Indonesia

Senin, 12 Maret 2018

Waingapu, 12 Maret 2018.  Bertempat di Hotel The Mirah Bogor, kembali Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti melakukan kerja sama dengan Burung Indonesia (BI). Maman Surahman S.Hut., M.Si selaku pihak pertama dalam hal ini mewakili Balai Taman Nasional Matalawa menyatakan bahwa upaya kerjasama yang dibangun merupakan upaya penguatan fungsi Taman Nasional terhadap pengawetan spesies dalam menggali potensi Sumber Daya Hayati, khususnya terkait dengan kekayaan burung dan  habitatnya.

Kerjasama ini dibangun selama kurun waktu lima tahun kedepan yaitu hingga tahun 2022, adapun cakupan perjanjian kerjasama ini terdiri dari empat hal yaitu: upaya perlindungan dan pengamanan kawasan habitat penting bagi burung, pemulihan habitat dan populasi burung liar, penelitian burung liar dan habitatnya dan peningkatan peran serta masyarakat dalam pelestarian alam. Selain itu dalam perjanjian kerjasama tersebut mengatur hak & kewajiban, kekayaan intelektual dari kedua belah pihak, serta terkait monitoring, evaluasi dan pelaporan yang akan dibuat .

Diharapkan upaya kerjasama yang dibangun mampu menjaga dan melestarikan burung-burung liar yang ada di Pulau sumba, mengingat Pulau sumba merupakan tempat dengan  tingkat endemisitas burung terbesar di Indonesia.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini