Semarakkan Hari Bakti Rimbawan, TaNa Bentarum Gelar 14 Kegiatan

Minggu, 11 Maret 2018

Putussibau, 11 Maret 2018. Hari Bakti Rimbawan (Harbak) yang digelar setiap tanggal 16 Maret merupakan sebuah perayaan eksistensi rimbawan tanah air dalam mengelola sumberdaya hutan. Tepat 35 tahun lalu, melalui kebijakan presiden Soeharto lahirlah Lembaga negara yang mengurus hutan dengan membentuk Departemen Kehutanan yang terpisah dari Departemen Pertanian. Menyemarakkan Harbak 2018, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) menggelar tidak kurang dari 14 kegiatan yang menjadi rangkaian Harbak 2018 yang dimulai dari 12 Maret 2018 hingga puncaknya dengan upacara bendera pada tanggal 16 Maret 2018. Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU), Murlan Dameria Pane yang tahun ini menjadi Ketua Panitia menjelaskan bahwa semua program ditujukan untuk memupuk kembali semangat korsa rimbawan dan soliditas personil di semua wilayah TaNa Bentarum. “Melalui harbak ini kita ingin masyarakat semakin mengenal TaNa Bentarum karena kita selenggarakan juga acara donor darah dan penyerahan beasiswa bagi siswa sekolah yang tidak mampu” tegas Murlan saat diwawancara awak Humas.

Selain kegiatan bertema bakti sosial, TaNa Bentarum juga menyelenggarakan lomba untuk menjaga kekompakan pegawai. Sedikitnya panitia mengatakan ada 7 lomba dan yang mengusung tema lokal Kalimantan adalah lomba sumpit. “Lokasi wilayah kerja kita kan di Kalimantan tepatnya d Kabupaten Kapuas Hulu, karenanya kita adakan juga lomba sumpit ini” terang Murlan. Ditambahkan rimbawan yang pernah bekerja di BBKSDA Jawa Barat ini bahwa kaum ibu dan perempuan juga dilibatkan dalam harbak melalui lomba memasak. Sama seperti tahun lalu, lomba memasak ini akan diikuti oleh para anggota istri dan staf perempuan yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar Tana Bentarum. “Kita libatkan juga ibu-ibu dan pegawai dari IKB dalam lomba memasak nanti jurinya kita tentukan kemudian” tuturnya.

Sementara itu disinggung adanya peresmian kantor Resort Sadap yang masuk wilayah SPTN 1 Lanjak, Murlan mengatakan bahwa memang bangunan pendukung kinerja pengelolaan TN di resort Sadap sudah mulai difungsikan dan nantinya akan diresmikan oleh Kepala Balai Besar TaNa Bentarum. “Kantor Resortnya sendiri sudah mulai dipakai oleh staf fungsional yang ditempatkan di sana, bertepatan dengan rangkaian hari bakti maka kita masukkan ke dalam kegiatan biar lebih mudah diingat” jelasnya. Dia berharap bahwa semua rangkaian acara peringatan harbak menjadi sebuah momentum untuk lebih bersemangat dalam berkinerja mencapai tujuan pengelolaan TaNa Bentarum.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini