SMP YPK Bontang “Education Trip” ke TN Kutai

Kamis, 08 Maret 2018

Bontang (7/3/18). Bontang Mangrove Park (BMP) kedatangan rombongan dari SMP Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) Bontang. Sebanyak 148 anggota rombongan pelajar SMP YPK Bontang mengadakan education trip ke Taman Nasional Kutai.

Balai TN Kutai, memberikan edukasi tentang pengenalan Hutan, Taman Nasional Kutai dan Ekosistem Mangrove.  Pemberian materi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang Fungsi dan peran Taman Nasional Kutai sebagai penyangga  kehidupan masyarakat. Materi khusus yang disampaikan adalah pengenalan ekosistem mangrove meliputi fungsi hutan mangrove dan pengenalan jenis-jenis vegetasi mangrove.

Pengenalan ekosistem mangrove pelajar SMP YPK Bontang dengan pemantauan langsung di lapangan dengan menyusuri  boarwalk yang melintasi hutan mangrove sepanjang 1.3 km. Peserta mendapat penjelasan secara langsung dari para pendamping TN Kutai, tentang informasi jenis-jenis mangrove yang terdapat disepanjang jungle trekking.  Teridentifikasi 14 jenis vegetasi mangrove di sepanjang trekking yang didominasi oleh jenis Rhizophora apiculata dan Rhizophora mucronata.

Sepanjang perjalanan menyusuri hutan mangrove, para siswa terlihat sangat bersemangat dan antusias berdiskusi tentang flora fauna yang ditemukan sepanjang perjalanan.  Papan informasi berupa himbauan untuk berhati-hati karena  keberadaan buaya, bukannya menyiutkan nyali, namun semakin meningkatkan rasa ingin tahu untuk melihat fisik buaya.  “Selfie” menjadi pemandangan yang umum selama perjalanan. Para peserta ekskul fotografi juga tidak ingin kehilangan momen dengan mengabadikan objek di sepanjang perjalanan.

Kunjungan pelajar ke Bontang mangrove Park (BMP) dalam rangka wisata pendidikan merupakan salah satu tujuan utama pengembangan Bontang Mangrove Park. Kedepan diharapkan  objek wisata mangrove BMP dapat menjadi  sarana pendidikan utama bagi pelajar di Kota Bontang dan sekitarnya untuk lebih mengenal Hutan Mangrove dan lingkungan secara umum.  (Yulita Kabangnga}

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini