Bahu Membahu Padamkan Kebakaran Di Kawasan Penyangga TWA Sungai Dumai

Senin, 05 Maret 2018

Pekan Baru (5/3/18). Tim gabungan terdiri dari Resot Dumai Balai Besar KSDA Riau, Manggala Agni Daops Dumai, POLRI, TNI, Pemerintah Kota Dumai dan RPK PT. Wilmar bahu membahu untuk memadamkan kebakaran yang terjadi pada Kamis 1 Maret 2018. Semua Tenaga dan Sarpras dikerahkan untuk mempercepat proses pemadaman, walaupun tidak mudah untuk mengatasi kebakaran di areal gambut. Hal ini dilakukan agar kebakaran tidak meluas dan merambat ke kawasan TWA Sungai Dumai.

Kebakaran lahan ini terjadi karena sudah hampir sebulan Kota Dumai tidak diguyur hujan. Akibatnya kawasan daerah penyangga Taman Wisata Alam Sungai Dumai terbakar, tepatnya di Jalan Dumai Motor. Status lahan adalah areal penggunaan lain(APL) dengan jenis tanah gambut yang ditumbuhi semak belukar dan tanaman sawit. Luas areal terbakar sampai saat ini mencapai kurang lebih 1 hektar.

Berpacu dengan waktu, tim mengintensifkan penanganan dengan mengoptimalkan keberadaan kanal kanal yang ada di lokasi. Kanal berfungsi sebagai pemasok air mesin ministraiker yang dioperasionalkan di samping sebagai sekat agar kebakaran tidak terus merambat. Dengan segala upaya kebakaran bisa diminimalisir dan dilokalisir agar segera padam. Saat ini Tim telah berhasil melakukan pemadaman kebakaran namun masih membutuhkan proses pendinginan di lokasi kebakaran.

 

Sumber : BBKSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini