Sukses Besar Tim BBKSDA Jatim Selamatkan Paus Besar

Sabtu, 03 Maret 2018

Situbondo, 3 Maret 2018. Penyelamatan  paus yang terdampar di Pelabuhan Jangkar, Situbondo pada hari Jumat s.d Sabtu, tanggal 2-3 Maret 2018 dilakukan Balai Besar KSDA Jawa Timur (BBKSDA Jatim) bersama Balai TN Baluran, Polairud, TNI AL, BPSPL KKP, Kopenhagen Zoo, Jasalindo dan masyarakat sekitar. Team penyelamat dipimpin langsung Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi Bapak Sumpena.

Kegiatan penyelamatan paus dilakukan Tim dari pagi hingga sore hari agar satwa tenang dan nyaman dengan menjauhkan adanya gangguan dari masyarakat yang ramai ingin melihat. Tim juga menyelimuti si mamalia besar tersebut dengan kain/karpet basah pada bagian tubuh yang nampak di atas permukaan air sampai menunggu air pasang optimal (diperkirakan air pasang optimal pada pukul 22.00 wib). Sambil menunggu air pasang, Tim juga membahas metode evakuasi yang akan dilakukan serta merencanakan pelaksanaanya.

Tepat pukul 22.00 wib saat air pasang optimal dilakukan penarikan paus ke arah tengah/posisi lebih dalam. Paus diikat dan ditarik dengan 2 jet ski dan dilepaskan sekitar 1 km dari tepi pantai. Selanjutnya dilakukan penggiringan dengan 3 jet ski dan 5 perahu sampai dengan sekitar 7 km dari tepi pantai dan paus terpantau masih mampu berenang. Kegiatan penyelamatan paus terdampar di pantai jangkar dinyatakan selesai pada hari Sabtu, 3 Maret 2018 sekitar pukul 01.00 wib dengan sukses besar si mamalia besar sudah selamat. 

Sumber : Sumpena - Kepala SKW V Banyuwangi Balai Besar KSDA Jawa Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini