Pelibatan Para Pihak Dalam Penyusunan Rencana Kerja Tahunan Balai TN Meru Betiri

Rabu, 28 Februari 2018

Jember, 28 Februari 2018. Peningkatan peran serta dinas terkait dalam penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Desa Mulyorejo maka Balai TN. Meru Betiri lakukan koordinasi dan sosialisasi terkait penyusunan RKT Desa Binaan Tahun 2018. Koordinasi dilakukan ke Pemerintahan Desa Mulyorejo yang diterima Nanang Eko Norianto, Sekdes Mulyorejo dan didampingi Babinsa Desa Mulyorejo. Pada kesempatan ini Tim dari Balai TNMB menyampaikan perkembangan dari kegiatan Desa Binaan di Desa Mulyorejo. Dari 12 ekor kambing Etawa yang diberikan tahun 2017 di 2 dusun di Desa Mulyorejo saat ini telah berkembang menjadi 16 ekor. Selain itu, M. Andik Budiono, SH selaku Petugas Pendamping Desa Binaan TNMB juga menambahkan tentang kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam pembesaran kambing etawa.

Pada kesempatan ini Sekdes Mulyorejo menyampaikan rasa terimakasih karena perhatian yang besar dari TNMB terhadap masyarakatnya. Dimana sebagian besar masyarakat Desa Mulyorejo menggantungkan hidupnya dari hutan Perum Perhutani BKPH Mayang, KPH Jember. Ke depan, Pemdes Mulyorejo siap mendukung program desa binaan TNMB melalui dana ADD [Alokasi Dana Desa] Mulyorejo Tahun 2018. Ditambahkan oleh Purwanto, Babinsa Desa Mulyorejo bahwa adanya bantuan dari TNMB dapat mengurangi kegiatan pencurian kayu hutan oleh masyarakat Desa Mulyorejo.

Setelah dari Pemdes Mulyorejo, perjalanan dilanjutkan ke Kelompok Baban Lestari, Desa Mulyorejo terkait kesiapan kelompok dalam penyusunan program kerja kelompok Tahun 2018. Diharapkan program yang diusulkan merupakan keterwakilan anggota dari 5 (lima) dusun yang ada di Desa Mulyorejo. Dengan demikian RKT Tahun 2018 yang disusun nantinya merupakan perencanaan kolaboratif dengan sumber dana bukan dari TNMB saja namun juga dapat berasal dari para pihak. Diharapkan sampai dengan akhir tahun 2019, indikator keberhasilan pelaksanaan Desa Binaan Mulyorejo yakni: meningkatnya jumlah anggota kelompok serta meningkatnya pendapatan masyarakat desa Mulyorejo dapat terwujud.

Sumber :Dodit dan Andik - Balai TN Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini