Siswa SMKK Makassar Magang ke TN Kutai

Rabu, 28 Februari 2018

Bontang, 28 Februari 2018. Hari selasa tanggal 19 Februari 2018, Balai TN Kutai kedatangan tamu dari SMKK Makassar. Rombongan tiba di Bontang pada malam hari dan langsung di sambut oleh Tim TN Kutai di Kantor Balai TN Kutai. Secara keseluruhan kegiatan akan berlangsung selama 60 hari sampai tanggal 19 April 2018.

Kegiatan magang bagi siswa SMKK Makassar merupakan kegiatan yang wajib untuk diikuti. Selain untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, dan keterampilan, juga dapat memberikan pengalaman nyata tentang implementasi ilmu di lapangan. Tujuan utama dari kegiatan terebut adalahmrningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta sikap dalam bidang inventarisasi keanekaragaman hayati, pembinaan habitat dan ekowisata.

Untuk memudahkan peserta magang dalam mendapatkan informasi dan pengalaman lapangan, peserta dibagi dalam kelompok dan ditempatkan pada 6 resort yang ada di TN Kutai yaitu Resort Teluk Pandan, Resort Sangkima, Resort Sangatta, Resort Rantau Pulung, Resort Menamang Sebulu dan Resort Beno Harapan. Pada masing-masing resort para peserta melakukan praktek sesuai kondisi resort dan mengikuti kegiatan-kegitan rterkait yang sedang berlangsung pada masing-masing resort. Sedangkan untuk mendapatkan pengalaman yang sama, setiap kelompok akan mendiami setiap resort selama 10 hari, kemudian berpindah ke resort yang lain, sampai selesai.

Karakteristik resort yang berbeda-beda memubngkinkan peserta untuk memperoleh pengalaman yang lebih banyak dan lebih bervariasi. Misalnya: di Resort Sangkima, mereka dapat melaksanakan kegiatan inventarisasi jenis tumbuhan yang dilakukan pada PUP Balai TN Kutai, pengelolaan wisata dan pengendalian kebakaran hutan, karenakantor Resort Sangkima, bersebelahan dengan Markas DAOP Manggala Agni.

Di Resort Sangatta, peserta dapat mempraktekkan kegiatan inventarisasi orangutan yang dapat dilakukan pada site monitoring populasi orangutan, pengelolaan wisata terbatas dan kegiatan pemulihan ekosistem dalam rangka pembinaan habitat orangutan. Demikian pula pada keempat resort yang lain.

Setelah pelaksanaan magang, akan dilakukan presentasi hasil pelaksanaan kegiatan magang oleh masing-masing kelompok. Selain untuk berbagi pengalaman, hasil kegiatan magang dapat menjadi bahan masukan dan evaluasi bagi pengelolaan Taman nasional Kutai.

Sumber : Balai TN Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini