Balai TN Bukit Tigapuluh Gelar Penyegaran Masyarakat Mitra Polhut

Rabu, 28 Februari 2018

Belilas, 28 Februari 2018. Untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dalam melaksanakan tugas di lapangan, Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) menggelar acara Penyegaran MMP pada 26 s. d 28 Februari 2018 di Pusat Pelatihan dan Pendidikan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Camp Granit SPTN Wilayah II Belilas, Prov. Riau. Kepala Balai TNBT Darmanto SP., M. AP membuka acara secara resmi dengan peserta MMP sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 20 peserta dari Riau dan 10 peserta dari Jambi.

Peningkatan kapasitas SDM MMP kali ini dilakukan dengan penyampaian materi teori dan praktek. Materi disampaikan oleh Petugas Polisi Kehutanan internal TNBT, yang terdiri dari 2 penceramah dan 3 instruktur. Materi teori meliputi Peran, Tugas dan Fungsi MMP, Pengamanan Hutan, Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Keanekaragaman hayati dan Profil TNBT.

Materi yang disampaikan terkait dengan upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang nilai- nilai penting keberadaan kawasan hutan dan peran setiap pihak dalam menjaga hutan. Materi praktek lapangan meliputi Peraturan Baris Berbasis, Pembuatan Laporan Informasi, Navigasi dan Pengenalan Alat Navigasi GPS.

Peserta sangat antusias mengikuti acara penyegaran ini. Kami berharap kegiatan ini bermanfaat dalam meningkatkan peran masyarakat khususnya MMP dalam upaya perlindungan TNBT dari maraknya kejahatan kehutanan yang merongrong kelestarian TNBT.

Sumber : Balai TN Bukit Tigapuluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini