Partisipasi "Bali Biggest Clean Up", Bali Barat Hasilkan 1.379 Kg Sampah

Minggu, 25 Februari 2018

Gilimanuk, Sabtu, 24 Februari 2018. Dlm rangka memperingati HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional) yang jatuh setiap tanggal 21 Februari, dan turut partisipasi dlm "Bali Biggest Clean Up" yang diadakan serentak di Bali, pada hari Sabtu, 24 Februari 2018, Balai Taman Nasional Bali Barat (BTNBB) mengadakan aksi bersih pantai (beach clean up) di kawasan taman nasional.

Aksi bersih pantai (beach clean up) dilakukan serentak di 4 (empat) lokasi kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) dengan hasil total sebanyak 1.379 kg sampah plastik dan sampah anorganik lainnya. Rincian lokasi dan hasil sampah yang diperoleh adalah sebagai berikut : Pantai Pulau Menjangan (560 Kg), Pantai Karangsewu (344 Kg), Pantai Prapat Agung (225 Kg), dan Pantai Teluk Terima (250 Kg).

Kegiatan beach clean up ini diikuti oleh 204 orang partisipan yang berasal dari : pegawai/karyawan TNBB, pemandu wisata, driver perahu wisata, Bali Starling Volunteer (BSV), Friends of Menjangan (FoM), Clean Menjangan Island (CMI), Hotel (Nusa Bay, Plataran Menjangan, Menjangan Resort, Bali Dinasty, Mimpi Resort, Naya Gawana), Siswa sekolah SMK 4 Negara, Kelompok Nelayan Karangsewu, Kube Segara Merta, mahasiswa PKL, dll. Jenis sampah yang berhasil diperoleh antara lain : kantong plastik, botol plastik, botol kaca, bekas wadah popmie, pampers, bungkus snack, plastik detergen, stereofoam, kain/pakaian bekas, ban mobil, dll

Setelah ditimbang dan dicatat, sampah yang berhasil dikumpulkan sebagian ditampung di bangunan pemilah sampah untuk nantinya di pilah. Sisa yang tdk dapat dipilah di buang di TPS terdekat. Kegiatan aksi bersih (clean up) ini juga dimaksudkan sebagai sarana membangun kepedulian masyarakat. Harapannya semakin banyak masyarakat yang peduli akan masalah sampah ini. Di tahun 2018 ini, pengendalian sampah plastik/anorganik di TNBB merupakan role model yang harus dapat diselesaikan. Kepala Balai TNBB telah menandatangani kontrak kerja dengan Dirjen KSDAE untuk penyelesaian masalah sampah di kawasan taman nasional.

Sumber : TNBB

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini