Pendampingan Masyarakat Untuk Pengembangan Paket Ekowisata Jalak Bali (Role Model)

Minggu, 25 Februari 2018

Sumberklampok, Jumat, 23 Februari 2018. Dalam rangka mendukung Role Model Paket Ekowisata Jalak Bali Berbasis Masyarakat yang mengambil lokasi salah satunya di Desa Sumberklampok, Balai Taman Nasional Bali Barat (BTNBB) melakukan pendampingan kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Sawo Kecik. KTH Sawo Kecik adalah kelompok masyarakat yang aktif dalam kegiatan sosial dan kegiatan usaha ekonomi produktif di Desa Sumberklampok. Saat ini, kelompok mulai aktif bergerak dalam pengembangan wisata desa dengan memberdayakan masyarakat setempat.

Pendampingan dilakukan oleh petugas Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 2 Buleleng. Pendampingan pada Jumat sore ini dihadiri oleh Ketua kelompok, Achmat Yanto, pembina kelompok, Istiyarto Ismu, dan anggota kelompok sebanyak 35 orang. Dalam pendampingan ini Kepala SPTN Wilayah 2 Buleleng, Ir. Hartatik turut hadir bersama staf polhut dan PEH SPTN 2.

Dalam kesempatan ini para pendamping memberikan pemahaman tentang cara berorganisasi yang baik dan bagaimana merencanakan aksi bersama untuk mencapai tujuan. KTH Sawo Kecik saat ini memiliki empat bidang organisasi yaitu; edukasi, budidaya, wisata, dan perawatan tanaman. Masing masing telah mempunyai program yang sudah berjalan dan saling terkait. Kegiatan KTH Sawo Kecik utamanya berada pada hutan tanaman Sawo Kecik yg berada di wilayah kerja Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Sumberklampok, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bali Utara, Dinas Kehutanan Propinsi Bali.

Selain membahas pengembangan kelompok ke bidang usaha wisata, pendampingan juga dilakukan dengan membuat rencana aksi. Rencana aksi dalam waktu dekat ini antara lain berupa pembuat stup untuk tujuan budidaya lebah madu. Diharapkan aktifitas budidaya ini nantinya juga dapat mendukung kegiatan wisata dan edukasi berupa adopsi rumah lebah madu, melengkapi adopsi pohon yg telah berjalan. Pembuatan stup lebah madu rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2018.

Harapan bersama dari adanya kelompok ini nantinya adalah berupa kesiapan masyarakat Desa Sumberklampok dalam membuat destinasi berupa paket ekowisata Jalak Bali berbasis masyarakat.

Sumber : Sugiarto, PEH TNBB

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini