Vino Beranjak Dewasa Dan Sudah Waktunya Berkumpul Dengan Teman Temannya

Jumat, 23 Februari 2018

Riau, 23 Februari 2018. Hari Kamis (22/02/2018) adalah hari terakhir Vino menempati kandang di rumah tuannya. Pada hari itu Vino, Siamang (Symphalangus syndactylus) berjenis kelamin jantan berusia sekitar 3 tahun diserahkan oleh tuannya kepada Balai Besar KSDA Riau.

Khairul Anwar, warga Perum Taman Arengka Indah - Pekanbaru sebelumnya tidak mengetahui jika satwa yang dipeliharanya adalah satwa yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya dan PP No 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Dari usia sekitar tiga bulan Khairil memelihara Siamang tersebut dengan maksud ingin menolongnya. Pada  saat itu Siamang masih sangat kecil dan sedang dalam kondisi sakit.

Setelah yang bersangkutan mengetahui bahwa satwa tersebut adalah satwa yang dilindungi, tanpa berpikir panjang dia segera menghubungi Balai Besar KSDA Riau untuk menyerahkan satwa tersebut. Khairil juga mengatakan bahwa saat ini Vino telah beranjak dewasa dan sudah waktunya dilepasliarkan untuk berkumpul kembali dengan teman temannya.

Penyerahan dilakukan kepada petugas Balai Besar KSDA Riau, drh. Rini Deswita yang langsung melakukan pengecekan kesehatan satwa tersebut. Kondisi satwa dalam keadaan baik.

Saat ini Siamang jantan telah dibawa ke kandang transit sementara Balai Besar KSDA Riau untuk dilakukan observasi sebelum dilepasliarkan ke habitatnya.

 

Sumber : BKSDA Riau 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini