Ekspedisi Deponway Kolaborasi BBKSDA Papua dan CPA Hiroshi

Jumat, 23 Februari 2018

Jayapura 23 Februari 2018.  Dalam kolaborasi antara Resort Tepera, Yewena, Yongsu Balai Besar KSDA Papua dan CPA Hiroshi (Club Pecinta Alam) Kabupaten Jayapura, 3 (tiga) orang personil Resort Tepera, Yewena, Yongsu mendampingi pendakian CPA Hiroshi, total pendaki sebanyak 11 orang menuju Puncak Deponway 1270 mdpl pada CA Pegunungan Cycloop. Pendakian dilakukan pada hari Jumat, 16 Februari 2018 dan kembali pada Sabtu 17 Februari 2018. Cuaca ekstrim saat mendaki membuat pendataan potensi sedikit terhambat, namun tidak sedikitpun menyurutkan semangat Tim untuk dapat mencapai puncak tepat pada hari yang sama jumat 16 Februari 2018, kicauan burung surga Cicinnurus magnificus juga turut menghibur dalam pendakian.

Pendakian memakan waktu 10 jam perjalanan sedangkan waktu tempuh saat menuruni puncak adalah 12 jam. Penyambutan meriah yang diperankan oleh hujan dan petir saat setengah perjalanan dan malam saat tiba di puncak menambah kebahagiaan Tim karena telah berhasil melewati semuanya dan tiba di puncak dengan selamat.

Menurut History masyarakat setempat, Deponway merupakan perawakan seorang laki-laki gagah yang adil dan mampu memberi penjagaan serta kehidupan bagi masyarakat Adat Tepera, Yewena, Yongsu. Pendakian ini bertujuan menyalurkan hobby sekaligus melakukan pencarian dan pendataan potensi yang terdapat didalam kawasan konservasi CA Pegunungan Cycloop.

Diharapkan hasil dari pendakian ini adalah tetap terjaganya kelestarian Alam, khususnya kawasan konservasi serta nantinya para pendaki ini dapat turut menjadi penyebar pesan konservasi kepada khalayak, karena jelas bahwa alam adalah media teristimewa yang diciptakan oleh Tuhan agar kita bisa belajar banyak darinya dan dapat memanfaatkannya secara lestari bukan malah merusaknya hanya demi kepentingan pribadi jangka pendek.

 

Sumber : Chandra I. LG, Ino dan Muthi M - BBKSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini