Tim Komisi IV DPR RI Menengok Penangkaran Kura-Kura Binaan BKSDA Sulteng

Kamis, 22 Februari 2018

Palu, 21 Februari 2018. Tim Komisi IV DPR RI Bidang Pertanian, Kehutanan, Kelautan dan Perikanan melakukan Kunjungan Kerja Ke Propinsi Sulawesi Tengah pada tanggal 19 – 20 Febuari 2018 dipimpin Ketua Tim Bapak Drs. H. Roem Kono dari Fraksi Golkar. Ikut mendampingi kunjungan kerja Tim Komisi IV DPR RI ini, DR. Sabrina (Staf Ahli Menteri KLHK bidang Pangan), Bapak Ir. Noel Layuk Allo, MM (Kepala Balai KSDA Sulawesi Tengah), Bapak Nunu Anugrah, S.Hut, M.Sc (Kepala Sub Direktorat Pemanfaatan Jenis Direktorat KKH Ditjen KSDAE) . Salah satu agenda Kunjungan Kerja ini ke Palu adalah mengunjungi Penangkaran Kura-kura UD. Lestari binaan Balai KSDA Sulawesi Tengah.

Unit Penangkaran Kura-Kura UD.Lestari milik Halim Lowii berdiri sejak tahun 2012 hingga saat ini, belokasi di Jalan Karajalemba Desa Mpanau Kec. Biromaru Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah. Bentuk penangkaran kura-kura milik UD.Lestari adalah Pengembangbiakan Satwa. Satwa yang ditangkarkan di dalam Unit Penangkaran ada beberapa jenis yaitu Kura Ambon (Cuora amboinensis), Baning Sulawesi (Indotestudo forstenii), Kura – Kura Daun (Leucocephalon juwonoi) dan Labi-labi (Amyda cartilaginea). Luas unit penangkaran UD.Lestari ± 2.000 M2 .

Tim Komisi IV DPR RI sangat mengapresiasi Balai KSDA Sulawesi Tengah yang sudah memberi ijin dan membantu serta membina secara teknis penangkaran kura-kura UD. Lestari yang hanya ada satu-satunya di Provinsi Sulawesi Tengah. Selanjutnya Anggota komisi IV DPR RI juga mendorong agar pengembangan penangkaran kura-kura tersebut lebih ditingkatkan.

Selain ke unit penangkar UD. Lestari, Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI ke Provisi Sulawesi Tengah juga mengunjungi lokasi intensifikasi Kebun Kakao Kelompok Tani Harapan Jaya Desa Sibowi Kabupaten Sigi, Kunjungan ke lokasi Tambak Udang Vaname Supra Intensif di Kecamatan Mamboro, dan Gudang Bulog di Tondo kota Palu.

Sumber : Balai KSDA Sulawesi Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini