Dirjen KSDAE : Kita Akan Mengurus Hutan Dengan Cara yang Beradab

Jumat, 23 Februari 2018

Besitang, 23 Februari 2018. Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Ir. Wiratno, M.Sc. menghadiri acara Kongres Petani di kawasan Taman Nasional Gunug Leuser (TNGL) Resort Sekoci di Desa PIR ADB, Kec. Besitang.

Acara yang diselenggarakan oleh belasan Kelompok Tani tersebut dihadiri oleh Kepala Balai Besar TNGL, Misran, Tenaga Ahli Kementerian LHK, Staf Ahli Kementerian LHK, Forkopimda, Forkopimcam, Pasi Intel Yonif-8 Marinir, Kapten Mar Tri Hendarjatmo, Sultan Langkat, Azwar Abdul Djalil Rahmatsyah, akademisi, Ketua DPRD Langkat, Ralen S, dan ratusan warga.

Pada kesempatan tersebut Dirjen KSDAE meminta maaf kepada masyarakat perambah atas adanya tindak kekerasan masa lalu dalam menyelesaikan konflik kehutanan. Beliau mengajak ratusan masyarakat untuk secara bersama-sama bersujud meminta maaf kepada Tuhan sekaligus alam “Mulai saat ini, kita akan menempuh cara yang beradab untuk mengurus hutan dengan pola restorasi partisipatif agar masyarakat dapat merasakan manfaat ekonomi dari kawasan hutan,” ujarnya.

Kepala Balai TNGL memberikan apresiasi kepada masyarakat kelompok tani hutan atas diselenggarakannya kegiatan kongres tersebut. Beliau berharap masyarakat yang lebih utama untuk menjaga TNGL serta adanya MOU dengan pemerintah daerah untuk peningkatan fungsi taman nasional.

Di pertengahan acara tersebut, Dirjen KSDAE secara simbolis menyerahkan bibit pohon kepada perwakilan Kelompok Tani, Hasan Sitepu dan dilanjutkan dengan melepas burung merpati sebagai simbol perdamian. Kemudian, selesai acara dilakukan penanaman pohon secara bersama di kawasan hutan TNGL Resort Sekoci.

 

Sumber : Datin KSDAE

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini