BKSDA Sumatera Selatan Kembali Menerima Penyerahan Satwa Kukang

Selasa, 20 Februari 2018

Lahat, 18 Februari 2018. Balai KSDA Sumatera Selatan melalui Resort Konservasi Wilayah IX (RKW IX) PLG Serelo, Seksi Konservasi Wilayah II (SKW II) Lahat menerima penyerahan satwa dilindungi undang-undang berupa satwa kukang (Nycticebus coucang) dari masyarakat. Penyerahan satwa kukang diterima oleh Ruhisman (Petugas RKW IX PLG Serelo dari masyarakat Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat.

Menurut keterangan dari orang yang menyerahkan, kukang tersebut belum lama ditangkap dari alam. Berdasarkan pengamatan terhadap perilaku kukang tersebut memang masih dalam liar, sehat, dan kondisi gigi masih utuh. Mempertimbangkan hal tersebut, SKW II memutuskan untuk langsung melepasliarkan kukang ke alam pada hari yang sama, tepatnya sore hari menjelang malam hari. Lokasi yang dipilih untuk pelepasliaran adalah di kawasan HSA PLG KH Isau-isau di Kabupaten Lahat.

Saat ini masih sering dijumpai adanya masyarakat yang menangkap kukang dari alam untuk dipelihara sebagai hobi ataupun untuk diperdagangkan. Padahal status kukang adalah salah satu jenis satwa yang dilindungi undang-undang, serta status konservasinya menurut IUCN Red List termasuk kategori vulnurable (rentan) yang artinya spesies ini sedang menghadapi resiko kepunahan di alam liar pada waktu yang akan datang. Sedangkan menurut CITES, kukang termasuk dalam kategori satwa yang dilarang dalam segala bentuk perdagangan internasional (Apendiks I).

Penyerahan satwa kukang oleh masyarakat merupakan hembusan angin segar dalam upaya konservasi jenis satwa di Sumatera Selatan. Artinya, sebagian masyarakat mulai sadar dan peduli tentang perlindungan dan kelestarian satwa, khususnya satwa-satwa langka. Sekali lagi, terima kasih dari kami, BKSDA Sumsel, untuk Bapak yang atas kesadarannya sudah menyerahkan kukang ini. Salam hormat, Pak!!

Sumber : Wahid Nurrudin,S.Hut - Balai KSDA Sumatera Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini