Hutan di Pulau Majang Terbakar Lagi, Brigdalkarhut TN Bentarum Berhasil Padamkan

Senin, 19 Februari 2018

Putussibau, 19 Februari 2018. Hutan di Pulau Suak Bau, wilayah kerja Resort Pulau Majang TN Danau Sentarum kembali mengalami kebakaran untuk kedua kalinya pada Senin (19/2) dan berhasil dipadamkan kembali oleh Brigdalkarhut TN Bentarum. Hal ini diungkapkan Ade Arif kepala Brigdalkarhut TN Bentarum saat dihubungi tim humas. Dijelaskan Ade, peristiwa kebakaran ini terungkap saat petugas Resort Pulau Majang melakukan cek lapangan (ground check) lokasi kebakaran yang terjadi di lokasi yang sama pada Rabu (14/2). Melihat adanya kebakaran, petugas bernama Syahbudin ini langsung melaporkannya kepada Markas Daops Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Brigdalkarhut) Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TN Bentarum). “Kronologi kebakaran diawali dengan adanya laporan groundcheck dari petugas Resort Pulau Majang bernama Syahbudin, sekira pukul 05.00 WIB kepada Kepala SPTN VI Semitau bahwa di lokasi Pulau Suak Bau tepatnya di sebelah lokasi kebakaran kemarin terjadinya kebakaran” tegas Ade Arif Kepala Brigdalkarhut TN Bentarum.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Ade kemudian mengerahkan anggota brigdalkarhut yang tergabung di Daops Semitau untuk menyiapkan peralatan pemadaman. Regu pemadam berangkat menuju lokasi pada pukul 07.00 WIB. Setibanya dilokasi, tim segera menggelar selang untuk melakukan pemadaman awal. Pemadaman kebakaran dilakukan bersama-sama petugas Resort Pulau Majang dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Pulau Majang dengan jumlah personil sebanyak 23 (dua puluh tiga) orang, terdiri dari 5 orang anggota Brigdalkarhut, 4 orang petugas Resort Pulau Majang dan 14 orang anggota MPA Pulau Majang. “strategi pemadaman langsung digunakan menggunakan pompa portable dan pemadaman dengan peralatan tangan seperti jet shooter” tegas Ade. Api kemudian berhasil dipadamkan oleh Brigdalkarhut TN Bentarum dan tim sekira pukul 13.53 dan segara melakukan pengukuran luas (size up). Total luas kebakaran hutan yang berhasil dipadamkan kali ini yaitu 0,093 ha.

Faktor kunci keberhasilan pemadaman menurut mantan Koordinator Polhut TN Bnetarum ini adalah komunikasi. Selain dukungan kekompakan dan kesiapsiagaan anggota Brigdalkarhut TN Bentarum. “langkah kedepannya dengan mengintensifkan kegiatan patroli pencegahan kebakaran hutan serta sosialisasi kepada msayrakat yang tinggal di dalam kawasan TNDS serta dengan menempatkan personil di wilayah-wilayah yang rawan akan kebakaran hutan” tutupnya.

Sumber : Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini