Meski di Luar Kawasan, Brigdalkarhut BBTN Bentarum Terus Padamkan Api

Sabtu, 17 Februari 2018

Putussibau, 17 Februari 2018. Profesionalisme dalam bekerja terus dilakukan oleh anggota Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Brigdalkarhut) TN Bentarum Daops Semitau. Meski lokasi kebakaran berada di luar Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS), Brigdalkarhut Daops Semitau juga memobilisasi anggota dan peralatan untuk memadamkan api yang melalap lahan di Dusun Marsedan Hulu, Desa Marsedan Raya Kecamatan Semitau. Kepala Brigdalkarhut Ade Arif, mengatakan kronologis kejadian bermula saat petugas piket Posko Kebakaran pada Rabu (14/2) menerima adanya laporan masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran lahan di wilayah Dusun Marsedan Hulu, Desa Marsedan Raya pada sekira pukul 11.45 WIB. Tim pun bergegas dan dilakukan pengecekan lapangan (ground check) oleh petugas bernama Edi Suparmanto. “hasil dari ground check bahwa benar dilokasi tersebut ada kebakaran dan langsung oleh tim dilakukan size-up” tegas arif menjawab tim Humas.

Lebih lanjut, Ade menjelaskan bahwa setelah dilakukan pengukuran luas kebakaran maka dilakukan pemadaman dengan Pola Satu dan Pemadaman Manual. Pemadaman pola satu dilakukan dengan membagi tim menjadi dua bagian yang bergerak dari kanan dan kiri secara bersamaan dari posisi api. Api sepenuhnya berhasil dikuasai pada pukul 14.35 WIB dan tim langsung bergerak cepat untuk melakukan _mopping up_ di lokasi tersebut dan meninggalkan lokasi pada pukul 15.00 WIB. Menurut Ade yang sebelumnya menjabat Koordinator Polhut di TN Bentarum, dugaan asal mula api berasal dari pembakaran sampah yang dilakukan oleh salah seorang warga. “dugaan sementara penyebab kebakaran karena adanya loncatan api dari pembakaran sampah di belakang rumah Bapak Anjang” jelasnya.

Kebakaran yang terjadi selama 2 hari berurutan ini semakin menambah kewaspadaan TN Bentarum terhadap potensi terjadinya kebakaran hutan. Kepala Bidang PTN Wilayah 3 Lanjak, Gunawan Budi mengatakan bahwa upaya yang dilakukan Brigdalkarhut merupakan wujud profesionalisme dan tanggung jawab tim dalam mengemban tugas.

“Meski lokasi kebakaran di luar Kawasan Taman Nasional namun ini merupakan tanggung jawab anggota untuk membantu masyarakat di sekitar TNDS” tegasnya. Gunawan menambahkan bahwa dirinya akan terus melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan sehingga terjadinya titik api atau kebakaran dapat diminimalkan. “patroli kebakaran hutan akan diintensifkan, Brigdalkarhut kami minta waspada setiap saat serta kami akan terus melakukan penyuluhan dan kampanye pencegahan kebakaran hutan di semua wilayah di Kawasan TNDS” ujarnya menutup wawancara dengan tim Humas.

Sumber : Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TN Bentarum)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini