Balai TN Rawa Aopa Watumohai Gelar Berbagai Pelatihan

Senin, 12 Februari 2018

Keberadaan potensi flora dan fauna yang harus dijaga kelestariannya termasuk didalamnya berbagai permasalahan dari gangguan dan ancaman yang dihadapi oleh Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TN RAW) sangatlah dinamis, untuk itu diperlukan sumberdaya yang tidak hanya handal menghadapi situasi dilapangan akan tetapi juga memiliki keterampilan khusus didalam melaksanakan tugas-tugas pengelolaan. Berangkat dari hal tersebut, Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai melaksanakan kegiatan In House Training dalam hal peningkatan kapasitas petugas yang terbagi dalam dua pokok pelatihan yang pertama adalah kegiatan monitoring potensi keanekaragaman hayati kemudian dilanjutkan dengan pelatihan penggunaan receiver GPS dan pengoperasian aplikasi GIS (Geographic Information System) sederhana. Kegiatan In House Training tersebut dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2018 dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari perwakilan Seksi, Resort dan petugas MMP (Masyarakat Mitra Polhut).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balai TN RAW, Bapak Ali Bahri, S.Sos., M.Si sedangkan materi pelatihan GIS diberikan oleh Bapak La Ode Akhmad MM (PEH Pertama Balai TN RAW) dan monitoring kehati oleh Bapak Putu Sutarya (PEH Pelkasana Balai TN RAW) Pada pelatihan ini juga dilakukan praktek langsung dilapangan dengan output berupa peta untuk pelatihan GIS dan bentuk metode dengan pemahaman yang sama diantara petugas dalam melakukan monitoring kenakeragaman hayati.

Dari kegiatan ini diharapkan para petugas bersama masyarakat memiliki keterampilan khusus dan menjadi nilai tambah dalam hal meningkatkan kualitas pekerjaan di tingkat tapak. Penguasaan konsep pembuatan peta secara sederhana (basic) dan keseragaman penggunaan metode monitoring dapat meminimalisir kesalahan atau human error yang seringkali terjadi dan dilakukan oleh petugas dilapangan terutama dalam hal mengambil dan menginput data. Pada akhirnya  kualitas data yang dihasilkan menjadi lebih baik, bertanggung jawab dan realistis yang hasilnya bermuara dalam hal membantu Balai TN RAW dalam menghasilkan berbagai keputusan dan kebijakan yang lebih terukur dan dapat dipertanggungjawabkan.    

Sumber : Balai TN Rawa Aopa Watumohai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini