Respon Cepat BKSDA Kalteng Tindaklanjuti Laporan Serangan Gangguan Orangutan

Senin, 12 Februari 2018

Palangkaraya, 11 Februari 2018. Sabtu, Tanggal 10 Februari 2018 pukul 08.44 WIB, terdapat laporan yang masuk melalui call centre Balai KSDA Kalimantan Tengah (BKSDA Kalteng) dari warga Desa Sungai Raja, Kec. Jelai, Kab. Sukamara An. Robi. Laporan berupa adanya gangguan satwa orangutan yang diperkirakan berjumlah 2 (dua) individu yang memasuki areal hutan di sekitar persawahan warga. Karena warga takut Orangutan tersebut masuk ke areal persawahan mereka dan menyerang warga, maka dilaporkanlah kejadian ini ke call centre BKSDA Kalteng. Orangutan tersebut terlihat terakhir kali pada hari kamis/08 Februari 2018.

Menindaklanjuti hal tersebut, Tim dari BKSDA Kalteng yang merupakan staf Resort SM Lamandau Pos Sungai Pasir langsung melakukan pengecekan lapangan pada tanggal, 10 Februari 2018 pukul 13.00 sd 17.00 WIB. Setelah berkoordinasi dengan Kepala Desa dan melakukan pengecekan lapangan, tim tidak menemukan Orangutan. Namun tim menemukan 4 sarang orangutan lama, tanaman tebu dan pohon pisang yang diduga dirusak/dimakan orangutan. Lokasi gangguan dengan hutan terdekat ± 1 km.  

Selama dilokasi, tim juga memberikan penyuluhan kepada pemilik kebun untuk selalu berhati-hati dalam menjalankan aktivitasnya serta segera melaporkan dan mendokumentasikan apabila ada gangguan/melihat Orangutan kembali muncul disekitar persawahan.

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini