Berbagi Melalui Traveling

Senin, 12 Februari 2018

Pulau Harapan - Kepulauan Seribu, 12 Februari 2018. Judul di atas merupakan slogan dari program berbagi melalui traveling yang diusung oleh Kili Kili Adventure sebagai wujud kepedulian traveler terhadap pariwisata Indonesia. Program ini diwujudkan dalam berbagai kegiatan, salah satunya telah dilakukan pada tanggal 10 sd 11 Februari 2018 di Pulau Harapan dengan tema “We Sail to Coral Care” yang merupakan kegiatan #Kili2DayCare #8.   Kegiatan ini diwujudkan dalam bentuk penanaman karang untuk mendukung rehabilitasi karang di perairan Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Sebanyak 192 pcs fragmen karang yang berasal dari 4 genus karang, yaitu Acropora sp., Styllopora sp., Seriatopora sp., dan Pocillopora sp. ditanam dengan menggunakan metode rak paralon. Para peserta kegiatan ini yang berasal dari berbagai latar belakang dan golongan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa, yang menyukai aktivitas petualangan dan perjalanan wisata yang memiliki nilai lebih yaitu edukasi, mengikuti dan terlibat langsung dalam proses penanaman karang. Para peserta terlihat antusias terlibat dalam penanaman karang ini karena kegiatan ini merupakan satu bentuk partisipasi mereka dalam upaya rehabilitasi terumbu karang di Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Selain penanaman karang, mereka juga menyerahkan donasi berupa tambat labuh kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bintang Harapan. Tambat labuh ini akan dipasang pada lokasi snorkeling untuk mengurangi pembuangan jangkar oleh pengemudi kapal. Pembuangan jangkar kapal merupakan salah satu penyebab kerusakan terumbu karang.

Ternyata tidak susah untuk terlibat dalam upaya rehabilitasi terumbu karang. Pemulihan karang yang rusak itu berat, jelas lebih berat dari rindunya Dilan ke Milea. Tapi jika semua kalangan masyarakat mau peduli dengan cara mencegah penyebab kerusakan dan aktif dalam penanaman karang, maka terumbu karang di laut Indonesia masih akan lestari.

Sumber : Yuniar Ardianti – Balai TN Kepulauan Seribu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini