190 Kg Sampah, Hasil Clean Up Pantai Karangsewu TN Bali Barat

Jumat, 09 Februari 2018

Gilimanuk, 9 Februari 2018. Pantai Karangsewu merupakan salah satu destinasi Wisata di Taman Nasional Bali Barat (TNBB) yang berada di Kabupaten Jembrana. Keindahan alamnya menjadi daya tarik wisatawan nusantara (lokal) setiap akhir pekan. Hamparan hijau padang rumput menambah indah tempat ini laksana lapangan golf yang terawat rapi.

Dampak dari kunjungan wisatawan sedikit banyak berkontribusi terhadap keberadaan sampah di lokasi tersebut. Selain itu, penyebab adanya sampah adalah kurangnya kesadaran sebagian oknum masyarakat yang membuang sampah ke semak-semak di sekitar pantai.

Balai TN Bali Barat sebagai pihak pengelola, melalui Seksi Pengelolaan TN Wilayah I Jembrana, pagi ini (Jumat, 9/2/2018) melakukan kegiatan aksi bersih (clean up) bersama kelompok masyarakat dan mahasiswa PKL. Sebanyak 20 orang mahasiswa (Universitas Jember, Universitas Ganesa Malang, Universitas Muhammadiyah Malang) serta 30 orang anggota kelompok masyarakat nelayan Karangsewu dan Segara Merta bersama sama petugas TNBB melakukan aksi bersih sampah plastik.

Pada kesempatan kali ini, 190 Kg sampah anorganik berhasil dibersihkan. Dari pencatatan sementara, sampah tersebut antara lain berupa botol kaca, botol plastik, diapers, pembalut, dan bungkus mie instan.

Dari data yg dihimpun, selama bulan Januari-Februari 2018, hasil clean up total khusus di daerah Karangsewu memperoleh sampah sebanyak 435 Kg. Sampah tersebut selanjutnya di pilah dan sisanya dibawa ke TPA.

Cara baru mengelola kawasan yang diinstruksikan oleh Dirjen KSDAE di terapkan dengan melibatkan semua stakeholder untuk bersinergi dan bersama sama membangun bangsa. Cara ini diharapkan memberikan perubahan yang baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Sehingga slogan "Ayo wujudkan Taman Nasional Bali Barat yg bebas sampah plastik" dapat segera tercapai.

Sumber : Balai TN Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini