Balai Besar KSDA Jawa Barat Luncurkan Aplikasi Online SATS-DN dan Form C

Kamis, 08 Februari 2018

Bandung, 7 Februari 2018. Seiring dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada Korps Pegawai Republik Indonesia untuk meningkatkan inovasi dalam pelayanan publik, Balai Besar KSDA Jawa Barat terus berupaya untuk melakukan reformasi birokrasi salah satunya dengan melakukan sosialisasi penerapan aplikasi online kepada seluruh mitra di bidang pemanfaatan tumbuhan satwa liar lingkup Jawa Barat dan Banten. Kegiatan ini merupakan upaya Balai Besar KSDA Jawa Barat dalam meningkatkan standard pelayanan public terkait perijinan peredaran tumbuhan dan satwa liar, khususnya dokumen SATS-DN dan rekomendasi ekspor (Form C).

Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat, Ir. Sustyo Iriyono, MSi, saat membuka acara menyampaikan bahwa perkembangan teknologi telah menciptakan perubahan pada tiap aspek kehidupan, termasuk dalam hal pelayanan publik yang diselenggarakan pemerintah. Oleh karenanya, dalam menciptakan layanan yang baik, pemerintah harus terus berinovasi, karena dengan inovasi akan tercipta integrasi antar bidang, sehingga pada akhirnya tercipta sistem pelayanan publik yang cepat, tepat, dan transparan dengan tetap menerapkan prinsip kehati-hatian. Hal tersebut dapat terjadi karena pada prinsipnya teknologi sangat berpengaruh terhadap karakter pekerjaan dan cara penyelesaiannya.

Selain itu disampaikan pula bahwa aplikasi yang diluncurkan hari ini merupakan prototype yang akan membantu pelayanan sebagai salah satu upaya menjaga ketertiban dan pengendalian peredaran TSL. Selanjutnya, di tahun 2018 ini Balai Besar KSDA Jawa Barat akan mengintegrasikan aplikasi ini dengan aplikasi-aplikasi terkait lainnya guna mendukung terbangunnya sistem pelayan perijinan online yang holistic/menyeluruh.

Dengan menerapkan prosedur kerja yang baru ini, seluruh permohonan dapat dilakukan dari manapun dengan meng-unggah dokumen persyaratan ke Aplikasi. Setelah berkas persyaratan lengkap dan terverifikasi, dilakukan pemeriksaan lapangan oleh kantor Bidang Wilayah terkait yang hasilnya dituangkan dalam BAP yang juga di upload dalam aplikasi dimaksud, kemudian apabila seluruh persyaratan telah lengkap dan sesuai, dokumen perijinan yang dimohonkan akan dikirim (upload) secara online sehingga akan memudahkan Pejabat terkait dalam melakukan pengawasan kegiatan secara berjenjang sesuai dengan tingkat kewenangannya serta memudahkan pemohon dalam memantau status permohonannya.

Manfaat yang akan diperoleh melalui penerapan sistem ini adalah peningkatan pengetahuan mengenai perijinan yang dapat diperoleh secara online dan juga efisiensi dalam pengurusan ijin.  Sistem ini juga bermanfaat bagi Balai Besar KSDA  Jabar dalam meningkatkan kinerja pegawai dan transparansi pelayanan serta meningkatkan kompetensi dan keterampilan staf Balai Besar.

Selanjutnya dijelaskan oleh salah satu mitra kerja Balai Besar KSDA Jawa Barat dalam acara tersebut, bahwa sistem permohonan ijin konvensional sebelumnya sangat merepotkan, karena pemohon harus menyampaikan beberapa dokumen yang sama secara berulang-ulang, dan sulit untuk dipantau. Dengan berbagai keterbatasan yang ada, maka hal tersebut akan cukup sulit dilaksanakan, sehingga diperlukan inovasi agar proses permohonan ijin dapat diselesaikan tepat waktu, mudah dan ekonomis.

Aplikasi yang dibangun ini pada dasarnya bertujuan untuk memudahkan perusahaan pemegang ijin dalam mendapatkan dokumen perijinan berupa SATS-DN dan Form C, sehingga sistem ini harus tersosialisasikan secara menyeluruh dan langsung kepada pemegang ijin, agar setiap pemohon benar-benar memahami cara kerja sistem ini dengan baik.

Kegiatan ini diikuti oleh 55 peserta di wilayah Provinsi Jabar dan Banten, diharapkan
Melalui Sistem perijinan Online ini, Balai Besar KSDA Jawa Barat dapat mengukur dan menilai kinerja perusahaan dalam upaya penertiban peredaran tumbuhan dan satwa liar di wilayah kerjanya, sehingga bagi perusahaan yang tidak memenuhi standar kinerja yang baik akan terpantau untuk kemudian dievaluasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sumber : Balai Besar KSDA Jawa Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Wawan setiawan
Maaf mau tanya. Klo untuk pendaftaran burung daerah depok di mna ya dan buka hari apa saja sama bisa daftar online tidak
Septian Anggitiawan
Maaf mind klo pendaftaran burung daerah Parung dimana ya... Klo daftar online bisa atau GK mind
Deri rahim
Mau tanya , cara daftar lewat online gimna ya ,, Jawa timur udh bisa , ko khusus Jabar belum bisa , ?
Muhammad Efano Adepio
Selamat pagi bpk/ibu Saya mau pelihara elang, kalo saya beli di pasaran terus saya daftar ke bksda bisa atw tidak ? Atau bpk/ibu bisa kasih tau saya tempat penangkaran elang di jawa barat yg memiliki izin edar. Tks
Fahrur roji
Cara mendaftar online gimana ya pak
Mahrup wahyaman
Cara daftar gimana ta
Administrator

untuk info lebih lanjut bisa menghubungi langsung di call center BBKSDA Jawa Barat (0812 2867 3757) atau call center Direktorat KKH (0813 1500 3113). Terima kasih

Rosid
cara buat satsdn
Administrator

untuk info lebih lanjut bisa menghubungi langsung di call center BBKSDA Jawa Barat (0812 2867 3757) atau call center Direktorat KKH (0813 1500 3113). Terima kasih

Khalifah Abdur Rafli Luthfi Nawawi
Kalo daftar varanus (jenis biawak) yang dilindungi itu bisa secara online?