44 Personil Manggala Agni DAOPS Semitau Kini Menjadi Brigdalkarhutla BBTN Bentarum

Selasa, 06 Februari 2018

Semitau, 6 Februari 2018. Kepala Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TN Bentarum) menerima penyerahan kembali Manggala Agni DAOPS Semitau dari Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Kalimantan (PPI KHL). Penyerahan ini merupakan optimalisasi dan penataan kembali organisasi Manggala Agni DAOPS Semitau, yang menjadi bagian BBTN Bentarum dalam bentuk Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan. Sebanyak 44 Personil Manggala Agni dan Aset-aset DAOPS Semitau diserahkan pengelolaannya kepada BBTN Bentarum.

Dalam sambutannya Kepala Balai Besar TN Bentarum Arief Mahmud menyampaikan “DAOPS Semitau hanya berubah nama saja menjadi Brigdalkarhutla BBTN Bentarum, namun tupoksi utamanya tetap sama yaitu pengendalian kebakaran butan dan lahan. Memang dalam perubahan organisasi ini akan sedikit berbeda dalam birokrasi dan administrasi, namun jangan sampai mengurangi kinerja Manggala Agni kalau bisa harus ditingkatkan”. Peralihan DAOPS Semitau ini sudah lama direncanakan, sehingga peralihan komando, penganggaran dan hal-hal terkait lainnya tidak mengganggu operasional DAOPS.

Kepala Balai PPI KHL Wilayah Kalimantan Johny Santoso dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kalimantan Barat adalah rangking 1 Hotspot tertinggi pada tahun 2016 di Kalimantan, sehingga beban Manggala Agni sangat berat. Kapuas Hulu adalah Kabupaten nomor 5 dengan tingkat kebakaran tertinggi di Kalimantan Barat. Namun yang membuat saya bangga walaupun jumlah hospotnya tertinggi, namun luasan kebakaran hutan dan lahan jauh di bawah luasan karhutla di Kalimantan Timur. “Kerjasama dengan stakeholders terkait harus semakin ditingkatkan, mengingat kebakaran hutan dan lahan adalah kejadian multi sektoral” imbuhnya.

Sumber : Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TN Bentarum)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini