Putri Menyerahkan Mona Ke Balai TN. Aketajawe Lolobata

Selasa, 06 Februari 2018

Sofifi, 6 Februari 2018. Mona, begitulah panggilan “sayang” seekor burung Kasturi Ternate dengan nama latin Lorius garrulus. Burung endemik Maluku Utara ini dimiliki oleh seorang siswa Sekolah Dasar bernama Putri yang baru saja menyerahkan Mona ke kantor Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL).

Diterima langsung oleh anggota Polisi Kehutanan dan didampingi drh. Lilis, burung paruh bengkok tersebut kemudian dimasukkan kedalam kandang transit yang berada dihalaman belakang kantor Balai. Putri yang didampingi oleh adik laki-laki dan Ibunya juga ikut melihat Mona menuju kandang transit. Sesaat sebelum masuk kandang transit, Putri tampak gembira karena beberapa burung Kasturi Ternate lainnya berteriak seakan menyambut kedatangan si Mona. Monapun menyahut dengan kencang.

“Putri khawatir Mona tidak terawat kalau dipelihara orang lain yang tidak bisa menjaganya dengan baik”, ungkap sang Ibu yang selalu membujuk Putri agar mau mengembalikan Mona ke alam liar melalui Balai TNAL dan akhirnya berhasil. “Kalau di rumah Mona suka minum susu”, imbuhnya kepada drh. Lilis.

“Burungnya (Mona) sehat dan tidak lama lagi bisa terbang”, terang drh. Lilis.

Burung yang bertubuh sehat dan berwarna merah cerah tersebut didapatkan Putri sekitar 4 (empat) tahun yang lalu saat hinggap di tanaman pepaya dekat rumah. Menurut Ibu Putri kemungkinan burung tersebut juga milik orang lain yang terbang, karena saat itu mudah ditangkap.

“Terima kasih ya Kak Puput (sapaan Putri) sudah sayang dengan satwa dan mengijinkan Mona bertemu dengan teman-temannya”, kata David, Polisi Kehutanan yang menerima Mona.

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini