Quick Respon Tim Patroli TN Matalawa Dalam Menanggapi Laporan Masyarakat Dusun Lahona

Kamis, 01 Februari 2018

Waingapu, 31 Januari 2018. SPTN I Waibakul Taman Nasional Matalawa (TN Matalawa) bersama dengan masyarakat mitra polhut (MMP) melaksanakan patroli terrestrial yang difokuskan pada daerah-daerah penyangga TN Matalawa. dipimpin langsung oleh Kepala SPTN I Waibakul (Abdul Basit Nasriyanto, S.Hut.,M.Si) tim patroli yang berjumlah 8 (delapan) orang personil bergerak menuju Dusun Lahona Desa Hupumada Kecamatan Wanokaka yang letaknya berada didalam kawasan TN Matalawa (enclave).

Ditengah –tengah perjalanan tim patroli mendapatkan informasi adanya pohon tumbang didalam kawasan TN Matalawa dan menghalangi akses jalan raya yang menghubungkan antar kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah. Atas dasar informasi tersebut tim patroli bergerak menuju lokasi pohon tumbang dan melakukan pembersihan dengan peralatan yang tersedia. Setelah melakukan pembersihan jalur tim patroli bergerak menuju lokasi enclave untuk memantau kondisi kawasan hutan serta memastikan tidak adanya gangguan yang terjadi. 

Pada malam harinya,  tim patroli melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat Dusun Lahona dengan tujuan memberikan pemahaman masyarakat terkait pengelolaan kawasan Taman Nasional. Kepala SPTN I Waibakul mengingatkan akan pentingnya peran serta masyarakat menjaga kawasan hutan, khususnya TN Matalawa yang merupakan benteng terakhir penyangga kehidupan di Pulau Sumba. Dan diakhir kegiatan dilakukan pemutaran film konservasi dan film dokumenter TN Matalawa.

Sumber : Balai Taman Nasional Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini