Action Resort Base Management BBKSDA Papua

Kamis, 01 Februari 2018

Jayapura, 31 Januari 2018. BBKSDA Papua, pada awal tahun 2018 telah mulai menggeliat melalui kegiatan SMART Patrol yang dilakukan oleh lima (5) Resort yang telah dibentuk untuk optimalisasi pengelolaan CA Pegunungan Cycloop. Implementasi dari SMART Patrol tersebut pada Hari Senin 30 Januari 2018, dua (2) resort yaitu Resort Ravenirara dan Resort Port Numbay melakukan kegiatan pengamanan pada wilayahnya masing-masing. Berangkat dari titik yang berbeda kedua tim tersebut pada akhirnya bertemu pada satu titik atau lokasi yang sebelumnya belum pernah diketahui bahwa lokasi tersebut merupakan daerah tangkapan air, sehingga menjadi beberapa telaga yaitu Telaga Busur, Telaga Segitiga dan Telaga Tikar. Telaga tersebut diyakini mempunyai nilai-nilai konservasi untuk penyangga kehidupan disekitarnya.

Dua Resort yang melakukan patroli tersebut diatas terdiri dari Resort Ravenirara dengan personil Andi YP Rumbrapuk, Aswan Dermawan, Sadrak Toto, Israel Toto, bergerak dari Pasir Enam Kota Distrik Jayapura Utara menyusuri pinggir Kawasan CA Pegunungan Cycloop dengan tujuan telaga yang menurut informasi sudah diketahui letak dan posisinya. Berdasarkan informasi, tim bergerak menuju lokasi yang dimaksud, setelah menempuh perjalanan sekitar ± 3 jam akhirnya sampai pada telaga pertama yang disebut dengan Telaga Busur, selanjutnya menuju Telaga Segitiga dan Telaga Tikar.
Dari lokasi yang berbeda Tim BBKSDA Papua Resort Port Numbay dengan personil Victor Karubaba, Sember Mambraku, Wara BP, Sefnat Karubaba, Bp Welem Ansanay, Bp Agus Ansanay, Decky Kaui dan Yehuda Seserai melakukan perjalanan dimulai dari Jalur Klofkamp Kota Jayapura, dilengkapi dengan HT, kedua tim akhirnya dapat bertemu di titik yang sama.
Dari ketiga telaga yang ditemukan Telaga Busur adalah telaga yang mempunyai luasan terbesar dari ketinggian 762 m pada titik S 0230”40.7” E 140°40”34.8”. Telaga ini sudah lebih dahulu dikenal masyarakat setempat sebagai lokasi pencarian sarang semut yaitu tanaman obat dari Papua.

Sumber : Tim Humas BBKSDA Papua

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini