Satgas BKSDA Kaltim Evakuasi Orangutan Danau Redan

Rabu, 31 Januari 2018

Tenggarong (31/1/2018). Tim SATGAS Penyelamatan Orangutan dan satwa liar BKSDA Kaltim berhasil melakukan penyelamatan orangutan jantan dengan kisaran umur ± 20 tahun di Desa Danau Redan Kecamatan Teluk Pandan Kutai Timur. Evakuasi bekerjasama dengan Koramil, Balai TN Kutai dan warga setempat yang turut aktif dalam upaya penyelamatan. Orangutan dengan kondisi sehat dan tidak ada ditemukan luka-luka.

Orangutan jantan dewasa ini akan ditranslokasi ke Taman Nasional Kutai (TNK) tepatnya di wilayah Resort Sangkima, pada hari yang sama sekitar pukul 10.30 WITA secara bersama-sama antara BKSDA Kaltim dan Balai TN Kutai yang dihadiri secara langsung kepala Balai TN Kutai. Orangutan ini diberi nama Rizal.

Kurangnya habitat dan rusaknya hutan sangat mempengaruhi kelangsungan dan kehidupan satwa liar tersebut, sekitar Danau Redan sudah banyak terbuka menjadi perkebunan kelapa sawit, karet, pertambangan salah satu pemicu terjadi perebutan tempat hidup antara manusia dan satwa liar. 

BKSDA Kaltim memberikan akses keseluruh masyarakat jika ada gangguan ataupun segala permasalahan konservasi bisa menghubungi call Center BKSDA Kaltim dengan nomer HP. 082113338181 dan (0541) 743556.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini