BBKSDA Sumut Tangani Buaya Hasil Tangkapan Masyarakat

Sabtu, 27 Januari 2018

Labuhan Batu, 21 Januari 2018. Bermula dari laporan Camat Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhan Batu, tentang tertangkapnya seekor buaya oleh warga masyarakat. Menyahuti laporan tersebut, Tim Bidang Konservasi Wilayah III Padangsidempuan, yang dipimpin langsung Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang, Darmawan, S.Hut., M.Sc., turun ke lapangan.

Tim berkoordinasi dengan pihak Polsek Bilah Hilir, Kelurahan Negeri Lama, Koramil, Kepala Lingkungan Titi Panjang Hulu serta pihak Kecamatan Bilah Hilir. Didapat informasi bahwa seekor buaya yang kerap kali muncul sebuah sungai lokasi pemandian warga, pada sabtu, 20 Januari 2018, ditangkap salah seorang warga bernama Syahrul. Dan saat itu kondisinya terikat dibelakang rumah Sdr. Syahrul.

Menurut kepercayaan warga masyarakat Kelurahan Negeri Lama, Buaya dianggap sebagai binatang keramat sehingga keberadaannya di alam tidak boleh diganggu, dan meminta kepada petugas agar buaya yang ditangkap tesebut segera dilepasliarkan kembali.

Dari hasil identifikasi Tim, buaya tersebut termasuk jenis Buaya Muara (Crocodylus Porosus) dengan panjang sekitar 1,5 meter, dan diperkirakan berumur 1-2 tahun. Setelah melalui diskusi dengan aparat serta tokoh masyarakat setempat, akhirnya satwa buaya dilepasliarkan kembali ditempat satwa dimaksud ditangkap, yaitu di Sungai Bilah Hilir, Kecamatan Bilah Hilir. 

“Kita juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk selalu berhati-hati disaat melakukan aktifitas di sungai. Juga agar tidak menangkap, memelihara apalagi memperdagangkan satwa liar (termasuk buaya) tanpa ijin dari pihak terkait. Bila dikemudian hari terjadi lagi konflik dengan satwa buaya, agar segera melaporkan kepada petugas dan tidak melakukan tindakan yang justru dapat membahayakan satwa ataupun manusia,” ujar Darmawan.

Sumber : Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini