Bupati Kotawaringin Barat hadiri Puncak Peringatan Hari Primata Indonesia yang digagas FK3I Kalteng di Pangkalan Bun

Selasa, 30 Januari 2018

Palangka Raya – 30 Januari 2018, Dalam rangka memperingati Hari Primata Indonesia, Bupati Kotawaringin Barat, Hj. Nurhidayah bersama ratusan siswa sekolah mengkampanyekan stop perburuan dan perdagangan hewan primata di kabupaten Kotawaringin Barat, pada hari Minggu, 28 Januari 2018. Kegiatan ini dilaksanakan di area Car Free Day Jl. H.M Rafi’i-Bundaran Pancasila, Pangkalan Bun. Acara ini juga dihadiri Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lingkup Pemkab Kotawaringin Barat dan instansi lainnya yang terkait.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, kebersamaan dalam menjaga lingkungan dan primata sangat penting. “Inilah yang kita harapkan, bahwa semangat masyarakat di dalam melestarikan ekosistem dan lingkungan, seiring misi pemerintah daerah untuk menggerakkan perekonomian melalui promosi wisata berupa kelestarian alam, serta keunikan flora dan fauna didalamnya” ungkap Nurhidayah. Kegiatan seperti juga penting dilaksanakan mengingat di Kabupaten Kotawaringin barat banyak primata yang dilindungi terutama Orangutan yang menjadi ikon Kalimantan tengah. Ditambah lagi, ada 3 kawasan konservasi di Kabupaten Kotawaringin Barat yaitu SM Lamandau, TWA Tanjung Keluang dan Taman Nasional Tanjung Puting.

Pada kesempatan ini Nurhidayah juga mengajak semua pihak untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman serta pengetahuan tentang betapa pentingnya menjaga alam terutama primata bukan hanya saat ini, tetapi untuk masa yang akan datang.

Puncak acara ditandai dengan pembacaan sekaligus penandatanganan deklarasi dukungan terhadap konservasi primata di Kabupaten Kotawaringin Barat oleh Bupati Kotawaringin Barat, SKW II - BKSDA Kalimantan Tengah, LSM dan FK3i Kalteng.

Kegiatan ini digagas oleh Forum Komunikasi Kader Konservasi Kalimantan Tengah wilayah Pangkalan Bun. Sebelumnya telah dilakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah terkait keberadaan primata dan upaya perlindungannya.

Sumber: BKSDA Kalimantan Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini