FK3I Jember Ajak Siswa SD Kenal Taman Nasional Meru Betiri

Minggu, 28 Januari 2018

Jember, 27 Januari 2018. Pagi ini cuaca lagi cerah di Jember, secerah senyuman siswa-siswi Kelas 2 SD Negeri Karangrejo 01. Mereka bersama kakak-kakak dari Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Jember datang berkunjung ke kantor Balai TN Meru Betiri (TNMB). Melalui kegiatan Bina Siswa Cinta Lingkungan tema kegiatan kali ini adalah Tanamkan dan Terapkan Nilai Lingkungan Sejak Dini.

"Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka penyadartahuan dan penanaman jiwa konservasi dan peduli lingkungan sejak usia dini." Kata Raditya, salah satu anggota FK3I Jember.
Di aula kantor Balai TNMB, siswa-siswi diberikan informasi mengenai TNMB beserta flora dan fauna yang dilindungi. Materi disampaikan oleh Nur Rohmah Syarif, petugas PEH dari TNMB. Setelah pemberian materi dan tanya jawab selesai, kegiatan dilanjutkan dengan lomba mewarnai gambar penyu, salah satu satwa prioritas di TNMB yang harus dilindungi.
Setelah pengumuman juara dalam lomba mewarnai, ke-36 siswa ini diajak berkeliling untuk mengenal flora yang ada di sekitar kantor Balai TNMB. Selain itu siswa juga berlatih menanam anggrek di batang pohon, dengan menggunakan sabut kelapa sebagai media. Bersama kakak-kakak dari FK3I, para siswa bersemangat mengikuti kegiatan ini. Tak terasa hari sudah semakin siang. Acara pun ditutup dan mereka kembali ke sekolah dengan menggunakan kereta kelinci, kendaraan yang sama seperti kendaraan yang mengantar mereka datang ke Kantor Balai TNMB tadi.
Ada harapan baru pada diri siswa-siswi ini, mereka ingin juga seperti kakak FK3I yaitu menjadi kader konservasi. Semoga ke depannya mereka menjadi generasi penggiat konservasi dan peduli lingkungan.

Sumber: Serli TN Meru Betiri

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini