Perekrutan dan Pengukuhan Anggota Baru Saka Wanabakti Kwartir Cabang Kepulauan Selayar Tahun 2018

Senin, 22 Januari 2018

Patilereng - 22 Januari 2018. Pada tanggal 20-21 Januari 2018 Saka Wanabakti Kwartir Cabang Kepulauan Selayar mengadakan kegiatan perekrutan dan pengukuhan anggota baru tahun 2018. Sebelumnya, pengurus Saka Wanabakti melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan membuka pendaftaran bagi Pramuka Penegak yang berminat masuk menjadi anggota Saka Wanabakti. Kegiatan perekrutan dan pengukuhan dilaksanakan di Pantai Punagaan, salah satu pantai di pesisir timur Pulau Selayar. Kegiatan ini bertujuan untuk merekrut, mengukuhkan dan menerima secara resmi calon anggota baru menjadi anggota Saka Wanabakti.
 
Pada hari sabtu sepulang sekolah, para peserta berkumpul dilokasi kegiatan dengan membawa perlengkapan berkemah. Kegiatan didampingi oleh Pamong Saka dan Pengurus Saka Wanabakti serta Kakak-kakak Pembina dan Bina Damping dari Kwartir Cabang Kepulauan Selayar. Kegiatan dimulai dengan acara pembukaan dan dilanjutkan dengan kegiatan jerit malam dengan melakukan jelajah malam menyisiri Pantai Punagaan dan melewati pos-pos yang telah disiapkan. Selain untuk melatih kepemimpinan, mengasah keberanian dan kerjasama, ditiap pos, peserta juga mendapatkan materi tentang Kepramukaan, Saka Wanabakti, konservasi, dan PBB. Setelah jelajah malam, kegiatan dilanjutkan dengan renungan malam.  Keesokan harinya peserta diajak bermain games "Rangkaian Terpanjang" dan "Spider Web". Games ini melatih kreatifitas, strategi dan kerjasama para peserta didalam tim. Puncak kegiatan ini adalah pengambilan bets Saka Wanabakti. Para peserta masing-masing harus mencari dan mengambil bets yang ditempatkan secara acak didalam air Pantai Punagaan. Semua peserta berhasil mendapatlan batsnya dan berhasil melewati semua tahapan dalam proses perekrutan anggota Saka Wanabakti. Pada akhir kegiatan dilakukan pengukuhan terhadap 42 orang anggota baru Saka Wanabakti Kepulauan Selayar.
 
Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan peserta dibidang lingkungan hidup dan kehutanan, melatih fisik, mental serta kemandirian anggota Saka Wanabakti. Yang lebih penting lagi, ketika mereka merasakan susah senangnya kegiatan pengukuhan akan membuat rasa persaudaraan anggota Saka Wanabakti semakin erat. Setelah anggota Saka Wanabakti diterima secara resmi, selanjutnya akan dilakukan pelantikan anggota Saka Wanabakti dan penyematan bets oleh Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Wanabakti Kwartir Cabang Kepulauan Selayar yang rencananya akan dilaksanakan di kantor Balai Taman Nasional Taka Bonerate.
 
Pengukuhkan anggota Saka Wanabakti Kepulauan Selayar Angkatan I, diharapkan dapat menjadi wahana menimba ilmu dan melaksanakan kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, serta memupuk semangat dan jiwa kepramukaan yang cinta alam dan rimba raya.
 
 
Sumber : Asri - BTN. Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini