Gajah Liar "Seruni" Melahirkan Di SM Balai Raja

Rabu, 17 Januari 2018

Pekan Baru (17/1/18). Kelahiran bayi gajah Sumatera ini membawa angin segar bagi pencinta satwa terutama Balai Besar KSDA Riau karena salah satu species terancam punah kembali melahirkan bayinya di tahun 2018 ini setelah pada tanggal 15 Januari 2018 bayi rusa timor juga telah lahir di kebun binatang Kasang Kulim, Kampar Riau.

Upaya Balai Besar KSDA Riau untuk mempertahankan dan memperbaiki ekosistim SM Balai Raja yang merupakan habitat Gajah Sumatera telah menunjukkan hasil nyata, Seekor gajah liar Sumatera berumur sekitar 40 tahun melahirkan bayinya di komplek Hutan Talang Suaka Margasatwa Balai Raja.

Rimba Satwa Foundation (RSF) sebagai mitra Balai Besar KSDA Riau yang pertama menemukan kelahiran berdasarkan jejak kaki gajah kecil sekitar 4 hari yang lalu dan mereka memperkirakan waktu kelahiran  terjadi sekitar 1 minggu ini. RSF mengamati induk betina yang mereka namai "Seruni" dari sebelum kelahiran terjadi.

Walaupun anak gajah tersebut terlihat lincah dan sehat, namun sampai dengan saat ini belum dapat diketahui jenis kelaminnya karena selalu dikawal oleh induknya dan dua gajah dewasa lainnya. Balai Besar KSDA Riau beserta mitra akan terus melakukan upaya dalam penyelamatan dan pelestarian satwa yang dilindungi termasuk gajah Sumatera.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini