Jadi yang Kedelapan Diantara Sepuluh Andalan… Sangat Tidak Buruk, Laah...

Jumat, 12 Januari 2018

Tahun 2017 baru saja berakhir beberapa minggu lalu. Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) kembali menggurat catatan cukup apik dalam hal kunjungan wisatawan dan kontribusi penerimaan negara sepanjang tahun kemarin. Dominasi wisatawan mancanegara masih cukup tinggi, 60% dari 24.693 orang yang berwisata menikmati keindahan lansekap, pun menyaksikan tingkah hidupan liar di salah satu Taman Nasional kebanggaan Indonesia ini. Jumlah ini meningkat cukup tajam dibandingkan tahun sebelumnya yang masih di kisaran 15.000 orang.

Jumlah kunjungan wisatawan tersebut di barengi dengan PNBP yang menggembirakan. Tak kurang dari Rp. 6.208.402.500 menempatkan TNTP di peringkat 8 UPT dengan penerimaan tertinggi di sektor Penerimaan Masuk Objek Wisata Alam di UPT Dirjen KSDAE, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Ir. Helmi, Kepala Balai TNTP,  pada rabu lalu (10/1/2018) menyampaikan bahwa dengan jumlah kunjungan yang semakin tinggi mengharuskan pengelola TNTP untuk lebih jeli dalam strategi pengaturan wisatawan dan destinasi kunjungan. “Peningkatan jumlah wisatawan harus dibarengi dengan pengelolaan kunjungan yang lebih baik. Tahun 2018 ini akan menjadi lanjutan upaya distribusi wisatawan yang masih terkonsentrasi di destinasi tertentu saja.” Tersedia destinasi lain yang tak kalah menarik dibandingkan Camp Leakey dan lintasan Sungai Sekonyer yang selama ini menjadi tujuan utama wisatawan di TNTP. “Dengan demikian seluruh aktifitas wisata alam tetap terakomodir dengan nyaman, tetapi kondisi habitat dan satwa liar tetap dalam kondisi prima,” demikian ungkap beliau.

Sumber: Balai TN Tanjung Puting

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini