Penyegaran Tim Badak di Balai TN Ujung Kulon

Rabu, 10 Januari 2018

Bogor, 10 Januari 2017. Kegiatan penyegaran (refreshment) Tim Rhino Monitoring Unit (RMU) dan Rhino Health Unit (RHU) Balai Taman Nasional Ujung Kulon dilaksanakan di Taman Safari Indonesia, Cisarua Bogor pada tanggal 8 sampai 12 Januari tahun 2018. Tim RMU dan RHU saat ini merupakan tim yang menjadi ujung tombak kegiatan monitoring satwa liar di Taman Nasional Ujung Kulon dengan badak jawa sebagai target utamanya. Tujuan kegiatan ini selain untuk penyegaran tim, juga untuk upgrade dan perbaikan form tallysheet serta untuk menyusun SOP manajemen data sehingga dapat menghindari kesalahan input.

Peserta kegiatan sebanyak kurang lebih 50 orang yang terdiri dari staf Balai Taman Nasional Ujung Kulon, WWF, Tim RMU dan tim RHU. Adapun agenda acara selama pelaksanaan kegiatan disana antara lain adalah di hari pertama persiapan oleh panitia. Di hari kedua agenda acaranya adalah pengantar training dan refreshment oleh Sunarto, presentasi tentang “Temuan Kesalahan Data Camera Trap tahun 2013 – 2016” oleh Rois M, dilanjutkan dengan diskusi tentang “SOP Manajemen Data Camera Trap (solusi dan perbaikan)”oleh Sunarto dilanjutkan dengan presentasi tentang “Evaluasi Hasil Pemasangan Camera Trap” dan diskusi tentang “Setting Camera Trap yang Ideal” oleh PEH Balai TN. Ujung Kulon, Asep Yayus Firdaus dan staf WWF Ujung Kulon Ridwan Setiawan.

Di hari ketiga peserta dibekali pengetahuan tentang “SOP Pengambilan Data Lapangan yang Dilakukan Saat Ini dan Evaluasinya” oleh staf TN. Ujung Kulon M. Syamsudin dilanjutkan dengan diskusi tentang “Update Perbaikan Form Tallysheet Data Lapangan” serta simulasi pengisian form tallysheet yang terbaru (oleh seluruh anggota tim). Yang menarik dari kegiatan di hari ketiga ini adalah peserta diberi pengetahuan tentang tips and trick memperbaiki camera trap dilapangan dilanjutkan diskusi tentang maintenance/perbaikan unit camera trap di lapangan yang disampaikan oleh Frenky.

Berbagai permasalahan dan tantangan dilapangan membutuhkan upaya peningkatan pengetahuan agar tim mampu mengatasi masalah yang mungkin terjadi dalam tingkat tertentu. Oleh karena itu sebuah kegiatan penyegaran (refreshment) sangat diperlukan oleh tim baik tim RMU, RHU, Balai Taman Nasional Ujung Kulon maupun tim dari WWF untuk menjadi bekal dalam melakukan kegiatan pada masa mendatang.

Sumber : Balai TN Ujung Kulon

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini