24 Desa Penyangga di TN Way Kambas Sarasehan Bersama Kabalai TN Way Kambas

Rabu, 10 Januari 2018

Labuhan Ratu, 10 Januari 2018. Senin 8 Januari 2017 di desa Rantau Jaya Udik II Kecamatan Sukadana Lampung Timur dilaksanakan Sarasehan Forum Rembuk Desa Penyangga dan Taman Nasional Way Kambas. Kegiatan dihadiri oleh seluruh anggota FRDP, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, WCS-IP, dan Yayasan Alert.

FRDP merupakan forum yang beranggotakan masyarakat dan para Kepala Desa di 24 desa penyangga yang berbatasan langsung dengan kawasan  konservasi TN Way Kambas. Salah satu peran utama FRDP adalah membantu mengatasi permasalahan yang ada di Taman Nasional Way Kambas, utamanya membantu penanganan konflik gajah liar yang akan keluar kawasan konservasi TNWK ke perladangan masyarakat desa.

Sarasehan yang dipandu oleh Bapak Maryono (anggota DPRD Lampung Timur) selaku Penasehat, diisi dengan :

  1. Rencana Kerja FRDP 2018 oleh Ketua Harian
  2. Paparan Rencana Kegiatan TN Way Kambas, yang langsung disampaikan oleh Kepala Balai TN Way Kambas.
  3. Diskusi dan Sinkronisasi program.

Kepala Balai TN Way Kambas, Subakir, SH, MH, pada kesempatan pertama diskusi menyampaikan, “Kami sangat senang, sekarang TNWK yang memikirkan orang banyak. Sesuai arahan Menteri KLHK melalui Dirjen KSDAE, Taman Nasional harus bisa memberi manfaat kepada masyarakat sekitar kawasan konservasi. Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera, menjadi tujuannya. Keberadaan FRDP sangat terasa manfaatnya bagi TNWK”.

Lembaga mitra WCS-IP dan Yayasan Alert yang banyak mendampingi masyarakat dalam kegiatan penanganan konflik dan restorasi kawasan berharap agar dalam menyelesaikan permasalahan bersama dapat dilakukan secara bijak. Beberapa perwakilan FRDP menyampaikan program yang sudah berjalan pada tahun 2017 agar dapat terus dilanjutkan dan perlu lebih ditingkatkan lagi sinergitas dan sinkronisasi agenda kegiatannya.

Desa-desa Penyangga diharapkan dapat menggali potensi desanya, terutama yang berkaitan dengan kegiatan wisata untuk mendukung Industri Pariwisata Lampung Timur yang nantinya akan terkoneksi dengan kegiatan ekowisata di TNWK. Bagi desa-desa yang sudah ada kegiatan wisatanya agar terus berkomunikasi dan menjalin kerjasama dengan resort-resort terdekat.

Sementara dari Pemkab Lampung Timur siap membantu untuk peningkatan ekonomi melalui program-program Pemberdayaan Masyarakat. Dananya sudah siap, kata Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim.

“Prinsipnya Taman Nasional Way Kambas mengapresiasi keberadaan FRDP dan atas kerjasama dan dukungan yang telah berjalan selama ini disampaikan terimakasih, semoga ke depan lebih dapat meningkat lagi.”demikian pesan Kepala Balai TN Way Kambas di akhir acara sarasehan ini.

Sumber : Humas Balai TN Way Kambas

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini