Konsolidasi Pelaksanaan Program Kerja 2018, BKSDA Bengkulu Lakukan Rapat Koordinasi Seluruh Unit Kerja

Selasa, 09 Januari 2018

Bengkulu, 8 Januari 2017. Guna meningkatkan efektivitas pengelolaan kegiatan tahun 2018, Balai KSDA Bengkulu menggelar rapat koordinasi penyelenggaraan program kerja tahun 2018. Rapat dipimpin oleh Kepala Balai KSDA Bengkulu, Ir. Abu Bakar, didampingi oleh seluruh pejabat Eselon IV lingkup Balai KSDA Bengkulu. Rapat dihadiri oleh seluruh kepala resort, kepala pos, kepala KPHK, kepala urusan dan pejabat fungsional lingkup Balai KSDA Bengkulu.

Rapat dibuka oleh Kepala Balai dengan penyampaian apresiasi kepada unit kerja terbaik tahun 2017 Balai KSDA Bengkulu. Terdapat beberapa kategori penghargaan yang diberikan yaitu kategori resort KSDA terbaik, KPHK terbaik, urusan terbaik, PEH terbaik, Polhut terbaik, dan penyuluh terbaik. Harapannya, apresiasi ini dapat memacu peningkatan kinerja seluruh unit kerja lingkup Balai KSDA pada tahun 2018.

Agenda selanjutnya adalah penandatanganan perjanjian Kinerja Tahun 2018 antara Kepala Balai KSDA Bengkulu dan Pejabat Eselon IV (Kepala Subbagian TU, Kepala SKW I, Kepala SKW II, dan Kepala SKW III). Selain itu, dilakukan juga penandatanganan Pakta Integritas dalam pengelolaan keuangan antara Kepala Balai KSDA Bengkulu sebagai kuasa pengguna anggaran dengan pejabat pembuat komitmen (PPK) dan penanggung jawab kegiatan lingkup Balai KSDA Bengkulu. Kepala Balai juga melantik beberapa pejabat baru pada unit kerja lingkup BKSDA Bengkulu.

Dalam rapat koordinasi, Kepala Balai menyampaikan arahan target kinerja tahun 2018 serta strategi pencapaian kinerja.  Program kerja tetap fokus pada dua hal utama, yaitu pengelolaan kawasan dan pengendalian peredaran TSL. Sebagai bentuk konkretnya, Program role model focus pada dua hal tersebut, yaitu role model pengembangan ekowisata di TWA Bukit Kaba dan role model pembentukan Wildlife Rescue Unit (WRU) Bakauheuni 24/7.

Perkembangan teknologi informasi menjadi tantangan besar BKSDA Bengkulu ke depannya. Dibutuhkan kesigapan dari seluruh elemen Balai untuk dapat mengimbangi perkembangan tersebut. Salah satu respons kelembagaan yang dilakukan oleh Balai KSDA Bengkulu adalah pembentukan unit kerja yang secara khusus menangani Data dan Informasi. Unit kerja ini akan secara intensif memantau perkembangan informasi di dunia maya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Balai KSDA Bengkulu.

Kepala Balai meminta seluruh pegawai untuk membangun suasana kerja yang kondusif. Untuk mewujudkan suasana tersebut, Kepala Balai meminta seluruh pegawai untuk membangun komunikasi yang efektif, kesepahaman dan kepercayaan antar pegawai. Dengan modal sosial tersebut, beliau yakin bahwa program konservasi sumber daya hayati di Provinsi Bengkulu dan Lampung dapat terwujud dengan baik. 

Sumber: Balai KSDA Bengkulu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini